7 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Jalan Kaki, Diabetes hingga Kanker

Rabu, 28 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
7 Penyakit yang Bisa...
Jalan kaki, aktivitas fisik memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mudah dilakukan, berjalan kaki dapat mencegah berbagai macam penyakit. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Jalan kaki , aktivitas fisik yang sederhana namun efektif, ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain mudah dilakukan dan tidak memerlukan peralatan khusus, berjalan kaki juga dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Setidaknya ada tujuh penyakit yang bisa dicegah dengan jalan kaki. Dengan melakukan jalan kaki secara rutin, Anda tidak hanya dapat mencegah penyakit tetapi juga meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Untuk hasil optimal, disarankan untuk berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari, lima hari dalam seminggu, dan menggabungkannya dengan pola makan yang sehat serta gaya hidup aktif. Rutin jalan kaki juga bisa menjaga kesehatan mental.

Berikut adalah penyakit yang bisa dicegah dengan jalan kaki dilansir dari Health Line, Rabu (28/8/2024).

7 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Jalan Kaki





1. Penyakit Jantung Koroner


Jalan kaki dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner, yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri jantung. Aktivitas fisik seperti berjalan kaki meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Menurut penelitian, berjalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan jantung.

2. Diabetes Tipe 2


Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang disebabkan oleh resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin secara efektif. Jalan kaki membantu mengontrol kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu tubuh menggunakan glukosa dengan lebih baik.

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu mencegah atau mengelola diabetes tipe 2, terutama jika dikombinasikan dengan pola makan sehat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)