5 Manfaat Olahraga Jalan Kaki dengan Treadmill

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:51 WIB
loading...
5 Manfaat Olahraga Jalan...
Jalan kaki menjadi salah satu bentuk olahraga yang paling mudah dilakukan, namun cukup efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Jalan kaki menjadi salah satu bentuk olahraga yang paling mudah dilakukan, namun cukup efektif dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sayang, kebiasaan jalan kaki masih kurang di kalangan masyarakat Indonesia. Baik itu karena faktor kesibukan ataupun cuaca.

Karena itu, umumnya, masyarakat terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan, kerap mengandalkan alat olahraga seperti treadmill untuk bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang setara dengan jalan kaki.



Lantas, apa saja manfaat dari olahraga jalan kaki menggunakan treadmill? Berikut di antaranya, melansir keterangan tertulis Kingsmith WalkingPad C2, Rabu (31/7/2024).

1. Lebih Mudah

Jalan kaki tidak memerlukan peralatan mahal atau keahlian khusus. Dengan modal treadmill dan sepasang sepatu yang nyaman, Anda bisa mendapat banyak manfaat kesehatan jalan kaki tanpa takut cuaca buruk dan kondisi jalanan yang tidak mendukung.

Pasalnya, hujan, panas terik, dan debu di jalanan sering kali membuat kita enggan untuk berjalan kaki di luar ruangan.

2. Risiko Cedera Lebih Rendah

Dibandingkan dengan olahraga intensitas tinggi seperti berlari atau angkat beban, jalan kaki di treadmill memiliki risiko cedera yang lebih rendah. Gerakannya yang alami dan tidak terlalu membebani sendi membuatnya aman untuk dilakukan secara rutin.

3. Efektif Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan jalan kaki, olahraga dengan treadmill secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki di treadmill juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung lebih baik dibandingkan olahraga intensitas tinggi yang dilakukan sesekali.


4. Efektif Membakar Kalori

Treadmill merupakan alat yang cocok digunakan oleh Anda yang ingin menurunkan berat badan, karena mampu membakar kalori.

Banyaknya kalori yang terbakar tergantung pada kecepatan berlari atau berjalan dan durasi penggunaan treadmill.

Jadi, makin tinggi kecepatan dan makin lama durasi yang dipilih, tentunya dapat membakar kalori lebih banyak sehingga berat badan pun bisa berkurang.

Misalnya, fitur dari Kingsmith WalkingPad C2 yang memiliki kecepatan maksimal 6 km/jam. Nah, dengan melakukan treadmill setidaknya 30 menit setiap hari dengan kecepatan tersebut, memungkinkan Anda dapat membakar setidaknya lebih dari 260 kalori.

5. Memperkuat Sendi, Tulang, dan Otot

Berjalan kaki dengan treadmill juga bisa meningkatkan kepadatan tulang, memperbaiki kekuatan otot sekitar sendi, dan mencegah osteoporosis.

Dengan otot kaki yang kuat, keseimbangan tubuh pun meningkat sehingga risiko mengalami cedera, seperti terjatuh akan berkurang.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)