Apakah Pangeran Harry Pro Israel? Ternyata Ini Faktanya

Rabu, 28 Agustus 2024 - 17:37 WIB
loading...
Apakah Pangeran Harry...
Apakah Pangeran Harry pro Israel? Pertanyaan ini beberapa kali mencuat mengingat Inggris memang menjadi salah satu sekutu besar dari negeri Yahudi tersebut selain Amerika Serikat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Apakah Pangeran Harry pro Israel? Pertanyaan ini beberapa kali mencuat mengingat Inggris memang menjadi salah satu sekutu besar dari negeri Yahudi tersebut selain Amerika Serikat.

Setelah Hamas melancarkan serangan ke Israel pada Oktober 2023, Raja Charles langsung mengutuk serangan tersebut dengan menyebutnya “tindakan terorisme yang biadab”. Meskipun Raja Charles sangat mengutuk tindakan Hamas, Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle, justru memilih netral terhadap konflik yang berlangsung antara Hamas dengan Israel.

Dalam sebuah pernyataan, Pangeran Harry telah mengutuk “semua tindakan terorisme dan kebrutalan” selama meningkatnya perang Israel-Hamas yang telah merenggut sedikitnya 2.400 nyawa.



Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak lagi memilih satu pihak saat mereka bersumpah untuk mendukung upaya pengiriman bantuan mendesak ke wilayah tersebut dalam sebuah pernyataan di situs web Archewell Foundation. Inti dari pernyataan tersebut, Pangeran Harry menekankan bahwa dirinya mengecam keras tindak terorisme, namun juga tidak membela salah satu pihak.

Diketahui kalau Meghan dan Harry memiliki sejarah bekerja dengan organisasi yang membantu pengungsi di wilayah tersebut.

Pada Desember 2021, Meghan dan Harry mendukung Humanity Crew, sebuah badan amal yang mendukung kesehatan mental pengungsi dengan donasi yang memungkinkan mereka membuka ruang gawat darurat kesehatan mental di Palestina, Israel, dan Yunani.



Dalam laporan dampak Archerwell Foundation tahun 2022, mereka melaporkan bahwa pendanaan yayasan tersebut telah membantu melatih 150 remaja dan 100 anggota komunitas sebagai responden pertama kesehatan mental dan memberikan akses ke layanan untuk 3.000 anak. Pernyataan itu muncul hanya dua hari setelah pasangan tersebut tampil di New York City untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Ini merupakan salah satu bentuk peduli sang Pangeran Inggris terhadap daerah-daerah rawan konflik. Tidak hanya membangun fasilitas kesehatan di Israel, Harry juga membuatnya di wilayah Palestina.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apakah Pangeran Harry pro Israel? Pada intinya Pangeran Inggris tersebut hanya mengecam terorisme dan tidak memihak salah satu pihak saja.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1911 seconds (0.1#10.140)