10 Manfaat Menangis, Membantu Menenangkan Diri hingga Meredakan Sakit

Minggu, 01 September 2024 - 06:00 WIB
loading...
10 Manfaat Menangis,...
Menangis sering dianggap sebagai emosi negatif. Padahal, manfaatnya banyak. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Menangis sering dianggap sebagai emosi negatif. Bahkan, beberapa orang menganggap terisak-isak sebagai tanda kelemahan seseorang.

Namun, saat kita meneteskan air mata, kita bisa merasa senang, sedih, marah, frustrasi dan terharu. Faktanya, ada banyak hal yang lebih penting daripada sekadar menangis .

Baca Juga: Festival Bayi Menangis Naki Sumo yang Bikin Gemes

Menangis dapat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran Anda. Gak percaya? Berikut ulasannya.

Manfaat menangis

1. Mendetoksifikasi tubuh
Air mata dapat mendetoksifikasi tubuh dengan sejumlah cara berbeda. Misalnya, air mata refleks dapat membuang kotoran, seperti asap, debu, dan pasir dari mata.

2. Melumasi mata
Air mata yang terus-menerus melumasi mata dan membantu melindunginya dari infeksi. Air mata membantu menjaga fungsi saluran air mata dan menjaga mata tetap cukup basah agar nyaman tanpa meluap.

3. Air mata emosional
Dampak air mata emosional lebih bermanfaat daripada yang Anda kira. Air mata keluar sebagai akibat dari reaksi emosional yang mengandung hormon stres seperti kortisol dan racun lainnya. Jika tidak dibuang, racun-racun ini dapat merusak tubuh. Menangis dapat mengurangi tingkat stres secara keseluruhan.

4. Membantu menenangkan diri
Menurut banyak psikolog, menangis mungkin merupakan salah satu mekanisme terbaik untuk menenangkan diri sendiri.

5. Bentuk pengaturan emosi
Menenangkan diri sendiri dianggap sebagai bentuk pengaturan emosi. Hal ini mengaktifkan sistem saraf parasimpatis (PNS), yang pada gilirannya membantu tubuh Anda beristirahat dan mencerna makanan.

6. Meredakan rasa sakit
Menangis dapat membantu meredakan rasa sakit fisik dan emosional. Ketika kita menangis dalam waktu lama, tubuh kita melepaskan oksitosin dan opioid endogen, yang juga dikenal sebagai endorfin.

7. Rasa bahagia
Setelah zat kimia yang membuat perasaan senang ini dilepaskan, tubuh Anda mungkin akan memasuki tahap yang paling tepat digambarkan sebagai tahap mati rasa. Oksitosin adalah hormon kuat yang biasanya dilepaskan saat orang berpelukan, berhubungan seks, atau bersosialisasi.

Oleh karena itu, hormon ini memberi Anda rasa tenang atau bahagia. Faktanya, ini adalah contoh lain tentang bagaimana menangis merupakan tindakan menenangkan diri.

8. Meningkatkan suasana hati
Penelitian menunjukkan bahwa selain membantu meredakan rasa sakit, menangis, khususnya terisak-isak, bahkan dapat meningkatkan suasana hati Anda. Faktanya, sesekali menangis dianggap sebagai cara positif untuk mengangkat semangat seseorang.



9. Menenangkan diri
Saat menangis, Anda sering kali menghirup udara dingin beberapa kali. Menghirup udara dingin dapat membantu mengatur dan bahkan menurunkan suhu otak Anda. Hal yang sama dapat terjadi saat Anda menguap. Intinya bahwa otak yang dingin lebih menyenangkan bagi tubuh dan pikiran Anda daripada otak yang hangat. Sesekali menangis dapat meningkatkan suasana hati Anda.

10. Mendatangkan dukungan
Menangis dipicu oleh berbagai perasaan—mulai dari empati dan keterkejutan, hingga kemarahan dan kesedihan. Apa pun alasannya, membuka pintu air adalah cara untuk memberi tahu orang-orang di sekitar Anda bahwa Anda membutuhkan dukungan. Ini dikenal sebagai manfaat interpersonal.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)