8 Cara Masak Nasi Putih Agar Rendah Gula dan Lebih Pulen

Minggu, 01 September 2024 - 15:40 WIB
loading...
8 Cara Masak Nasi Putih...
Memasak nasi putih agar rendah gula dan lebih pulen memerlukan perhatian khusus pada pemilihan beras, metode perendaman, serta teknik memasak yang tepat. Foto/Shutterstock Teerapat Kositsmith
A A A
JAKARTA - Memasak nasi putih agar rendah gula dan lebih pulen memerlukan perhatian khusus pada pemilihan beras, metode perendaman, rasio air, serta teknik memasak yang tepat. Nasi sendiri merupakan makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia.

Namun, banyak orang khawatir dengan kandungan gula yang tinggi dalam nasi putih, yang dapat memengaruhi kadar gula darah. Terutama bagi penderita diabetes. Selain itu, tekstur nasi yang pulen juga menjadi perhatian, karena nasi yang pulen lebih enak dan lebih mudah dikonsumsi.

Dengan mengikuti beberapa cara, Anda dapat menikmati nasi putih yang tidak hanya enak, tetapi juga lebih sehat. Khususnya bagi mereka yang perlu mengontrol asupan gula dalam diet mereka.

Berikut adalah cara memasak nasi putih agar rendah gula dan lebih pulen dilansir dari Medical News Today, Minggu (1/9/2024).

8 Cara Masak Nasi Putih Agar Rendah Gula dan Lebih Pulen





1. Pilih Beras yang Tepat


Memilih jenis beras yang tepat adalah langkah pertama untuk mendapatkan nasi yang rendah gula dan lebih pulen. Beras dengan indeks glikemik (GI) lebih rendah, seperti beras merah atau beras basmati, adalah pilihan yang baik.

Namun, jika tetap ingin menggunakan beras putih, pilihlah beras yang kualitasnya baik, misalnya beras yang memiliki butir panjang dan ramping seperti beras jasmine atau pandan wangi. Beras ini cenderung menghasilkan nasi yang lebih pulen.

2. Rendam Beras sebelum Dimasak


Merendam beras sebelum dimasak dapat membantu menurunkan kandungan gula pada nasi. Rendamlah beras selama 30 menit hingga 1 jam. Proses perendaman ini juga membantu beras menyerap air lebih merata, sehingga nasi menjadi lebih pulen saat dimasak.

Selain itu, merendam beras juga membantu mengurangi kandungan amilosa, yang dapat berkontribusi pada tekstur nasi yang keras.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2171 seconds (0.1#10.140)