8 Cara Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih, Aman bagi Penderita Diabetes

Minggu, 18 Agustus 2024 - 15:00 WIB
loading...
8 Cara Mengurangi Kadar...
Mengurangi kadar gula dalam nasi putih dapat dilakukan melalui berbagai metode. Termasuk menggunakan lebih banyak air saat memasak, menambahkan minyak. Foto/Japan Wonder Travel Blog
A A A
JAKARTA - Mengurangi kadar gula dalam nasi putih dapat dilakukan melalui berbagai metode. Termasuk menggunakan lebih banyak air saat memasak, menambahkan minyak, merendam beras, serta mengombinasikan nasi dengan serat dan protein.

Metode-metode ini dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi dan mengurangi dampaknya terhadap kadar gula darah. Nasi putih sendiri makanan pokok yang dikonsumsi oleh banyak orang, khususnya di Indonesia.

Namun, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi, yang berarti dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi. Ini bisa menjadi masalah bagi orang-orang yang mengelola diabetes, pra-diabetes, atau yang berusaha mengontrol asupan gula mereka.

Meskipun nasi putih secara alami tinggi karbohidrat, ada beberapa cara untuk mengurangi kadar gula di dalamnya. Berikut adalah cara mengurangi kadar gula pada nasi putih dilansir dari Mayo Clinic, Minggu (18/8/2024).

8 Cara Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih





1. Gunakan Rasio Air yang Lebih Tinggi saat Memasak


Memasak nasi dengan rasio air yang lebih tinggi dari biasanya dapat membantu menurunkan kadar gula dalam nasi putih. Penambahan air dapat membantu melarutkan sebagian dari karbohidrat, terutama amilosa, yang bertanggung jawab atas kenaikan gula darah. Teknik ini bekerja dengan baik terutama jika nasi kemudian ditiriskan dari kelebihan air setelah dimasak.

Gunakan perbandingan air dan beras sekitar 1:3 atau 1:4, dan setelah nasi matang, tiriskan airnya menggunakan saringan. Metode ini mirip dengan cara memasak pasta.

2. Tambahkan Minyak saat Memasak Nasi


Menambahkan sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun saat memasak nasi dapat membantu menurunkan indeks glikemik nasi. Minyak ini membantu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang pada akhirnya dapat menurunkan lonjakan gula darah setelah makan. Ini juga dapat membantu membuat nasi lebih pulen dan lezat.

Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalam air rebusan sebelum memasukkan beras. Masak nasi seperti biasa.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1377 seconds (0.1#10.140)