4 Gaya Hidup Sederhana Paus Fransiskus yang Bikin Kagum dan Menyentuh

Kamis, 05 September 2024 - 15:15 WIB
loading...
4 Gaya Hidup Sederhana...
Paus Fransiskus mengadakan kunjungan bersejarah di Indonesia pada awal September ini. Lawatannya menjadi bagian dalam rangkaian perjalanan apostolik ke-45 di Asia Pasifik. Foto/SINDOnews/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus mengadakan kunjungan bersejarah di Indonesia pada awal September ini. Lawatannya menjadi bagian dalam rangkaian perjalanan apostolik ke-45 di Asia Pasifik.

Menurut jadwal, Paus Fransiskus akan berada di Jakarta pada 3-6 September 2024. Selama kunjungannya, Paus Fransiskus akan melakukan sejumlah agenda penting, termasuk memimpin misa akbar di Gelora Bung Karno (GBK).

Bicara soal kesehariannya, Paus Fransiskus dikenal sebagai sosok sederhana. Contoh terbaru bisa dilihat saat kunjungannya di Indonesia, yakni ketika lebih memilih menggunakan mobil Toyota Kijang Zenix daripada kendaraan mewah yang umumnya dipakai untuk tamu-tamu negara.



Namun, ternyata kebiasaan sederhana tersebut sudah berlangsung lama. Sebelum ini, Paus Fransiskus banyak memberi gambaran tentang gaya hidupnya yang jauh dari kemewahan. Berikut sejumlah contohnya.

Gaya Hidup Sederhana Paus Fransiskus

1. Menolak Tinggal di Istana Vatikan

Berkaca pada statusnya, seorang Paus tentu akan mendapat fasilitas beragam, termasuk tempat tinggal. Mengutip WalkInsideRome, sejak 1870 kediaman Paus telah dipindahkan ke Istana Apostolik di Kota Vatikan.

Para Paus sejak Pius IX hingga Benediktus XVI menjadikan istana tersebut sebagai kediamannya. Namun, berbeda dengan Paus Fransiskus yang terpilih pada 2013.

Paus Fransiskus memilih untuk tidak tinggal di dalam Istana Apostolik. Ia hanya sesekali berkunjung untuk agenda resmi dan upacara hari Minggu.

Sebagai ganti, Paus Fransiskus tinggal di Casa Santa Marta (Domus Sanctae Marthae). Bangunan tersebut terletak di sebelah Basilika Santo Petrus yang dibangun pada 1996 untuk menjadi wisma tamu bagi para kardinal.

Menariknya, Paus Fransiskus menjadi paus pertama dalam 110 tahun yang tidak tinggal di Istana Apostolik. Alasannya jelas, karena ia lebih suka akomodasi yang sederhana, lebih kecil, dan tidak terlalu mewah.

2. Bayar Tagihan Hotel Sendiri

Bicara soal kesederhanaan Paus Fransiskus, ada satu kisah menarik yang cukup populer. Momen ini terjadi ketika ia memaksa untuk membayar tagihan hotelnya sendiri.

Mengutip Reuters, Paus Fransiskus suatu hari di tahun 2013 meminta seorang sopir untuk mengantarnya ke hotel Domus International Paulus VI, tempatnya menginap selama persiapan pertemuan sebelum pemilihan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)