7 Keunikan Vatikan yang Jarang Diketahui

Kamis, 05 September 2024 - 17:17 WIB
loading...
7 Keunikan Vatikan yang...
Vatikan merupakan sebuah negara kecil yang terletak di dalam Kota Roma, Italia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Vatikan merupakan sebuah negara kecil yang terletak di dalam Kota Roma, Italia. Vatikan adalah pusat spiritual bagi umat Katolik di seluruh dunia.

Meskipun wilayahnya hanya seluas 44 hektar, Vatikan memiliki sejarah, budaya, dan keunikan yang luar biasa.

Berikut adalah 7 fakta menarik tentang Vatikan yang mungkin belum diketahui banyak orang.


Keunikan Vatikan

1. Negara Terkecil di Dunia

Vatikan merupakan negara terkecil di dunia baik dari segi luas maupun jumlah penduduknya. Dengan luas sekitar 44 hektar, negara ini lebih kecil daripada sebagian besar taman-taman kota. Populasinya saja tidak lebih dari 1.000 orang, termasuk paus, kardinal, imam, dan anggota Garda Swiss (pasukan militer).

2. Pasukan Militer Paling Kecil dan Tertua

Garda Swiss adalah pasukan militer Vatikan yang berfungsi sebagai pengawal pribadi paus sejak 1506. Mereka dikenal dengan seragam berwarna-warni yang dirancang oleh Michelangelo. Meskipun kecil, pasukan Garda Swiss sangat terlatih dan memiliki tugas utama untuk melindungi Paus.


3. Tak Ada Pajak dan Biaya Pengobatan

Sebagai negara, Vatikan tidak memiliki pajak dan pelayanan kesehatan. Semua biaya tersebut gratis. Pendapatan negara Vatikan berasal dari beberapa sumber seperti sumbangan umat Katolik di seluruh dunia, penjualan perangko, souvenir, dan tiket masuk museum.

4. Punya Koleksi Seni Terbesar di Dunia

Vatikan memiliki koleksi seni terbesar di dunia, yang sebagian besar disimpan di Museum Vatikan. Koleksi ini mencangkup karya-karya seni dari beberapa seniman yang terkenal seperti Michelangelo, Raphael, dan Leonardo Da Vinci.

Michelangelo memiliki karya seni yang populer di dunia yaitu lukisan di langit-langit Kapel Sistina.


5. Perpustakaan Vatikan

Perpustakaan Apostolik Vatikan merupakan salah satu perpustakaan tertua di dunia, yang didirikan pada 1475. Perpustakaan ini menyimpan lebih dari 1,6 juta buku, manuskrip, dan dokumen bersejarah, termasuk beberapa dokumen paling penting dalam sejarah Gereja Katolik.

6. Pusat Diplomatik Internasional

Meskipun kecil, Vatikan memiliki peran yang sangat penting dalam diplomasi internasional. Negara ini memiliki perwakilan diplomatik di hampir semua negara di dunia dan Vatikan sering menjadi mediator dalam konflik internasional.

7. Tidak Ada Penjara

Negara Vatikan cukup unik dikarenakan tidak memiliki penjara. Jika ada yang melanggar hukum, biasanya terdakwa akan diserahkan kepada otoritas Italia untuk diproses. Namun, Vatikan memiliki hukum negara sendiri yang berlandaskan pada hukum kanonik.

Vatikan memang terbilang negara kecil, tapi negara ini memiliki peran penting dalam sejarah, budaya, dan besar pengaruhnya. Vatikan juga termasuk tempat terunik di dunia.

Jika Anda tertarik dengan sejarah, seni, maupun spiritual, Vatikan adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan karena negara ini memadukan keagungan sejarah dan spiritual yang mendalam. MG/Putri Nazwah Khalizah
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1741 seconds (0.1#10.140)