alexametrics

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia

loading...
Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia
Perfilman Indonesia telah melahirkan sejumlah sutradara papan atas. Karya-karya mereka, selain laris di pasaran juga diakui kualitasnya. Mereka memberikan pengaruh besar bagi dunia film Tanah Air. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
PERFILMAN Indonesia telah melahirkan sejumlah sutradara papan atas. Karya-karya mereka, selain laris di pasaran juga diakui kualitasnya. Mereka memberikan pengaruh besar bagi dunia film Tanah Air.

1. Teguh Karya

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia




Teguh Karya merupakan seorang maestro perfilman tanah air yang berhasil mendapatkan Piala Citra sebanyak enam kali sebagai Sutradara Terbaik. Ini merupakan sebuah prestasi yang luar biasa mengingat mendapatkan gelar Sutradara Terbaik bukanlah suatu hal yang mudah.

Karya-karyanya sangat populer di era 70 dan 80-an di antaranya adalah Cinta Pertama (1974), November 1828 (1979), Pacar Ketinggalan Kereta (1989), dan lainnya. Film-film Karya Teguh berhasil menghasilkan artis dan aktor senior seperti Slamet Rahardjo dan Christine Hakim

2. Arifin C Noer

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia


Filmnya yang terkenal adalah Serangan Fajar (1981), Djakarta 1966 (1983), dan lain sebagainya. Karyanya yang paling fenomenal adalah G30-S/PKI (1984), yang merupakan film kontroversial di zaman Orde Baru. Terlepas dari segala kontroversinya, tidak ada yang memungkiri jika pengaruh Arifin C Noer sangat besar bagi perfilman atau pun masyarakat Indonesia

3. Riri Riza

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia


Riri Riza dianggap sebagai salah satu pelopor bangkitnya perfilman Indonesia tahun 2000-an. Riri Riza datang dengan karya fenomenalnya yang berjudul Petualangan Sherina.
Riri menjadi sutradara Indonesia terbaik pada 2005 berkat filmnya Gie. Sebuah film biopik tentang seorang mahasiswa yang diperankan oleh Nicholas Saputra. Selain itu, Ada Apa Dengan Cinta (2016) juga salah satu karyanya, membuatnya jadi sutradara Indonesia keren di kalangan anak muda pada masanya.
4. Hanung Bramantyo

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia


Film terakhirnya Bumi Manusia makin mengukuhkan nama Hanung sebagai sutradara kenamaan Tanah Air. Selain itu sejumlah film keren lahir berkat tangan dinginnya antara lain Jomblo (2006) dan Sang Pencerah (2009). Hanung berhasil membawa pulang Piala Citra sebanyak dua kali sebagai sutradara Indonesia terbaik lewat film Brownies (2005) dan Get Married (2007).
5. Joko Anwar

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia


Semua orang tahu bahwa Joko Anwar adalah sutradara film horor Pengabdi Setan. Tapi jauh sebelum itu, Joko Anwar sebenarnya sudah memiliki prestasi gemilang. Berkat arahannya, Pengabdi Setan menjadi film horor terlaris sepajang masa.

Pengabdi Setan berhasil membawa pulang berbagai penghargaan di FFI 2017 yaitu sebanyak 7 Piala Citra. Sebelumnya, Joko Anwar berhasil membawa pulang piala sebagai Sutradara Terbaik tahun 2015 lewat film A Copy of Mind. Terbaru ia menelurkan Gundala.

6. Rizal Mantovani

Sejumlah Sutradara Menonjol Indonesia


Sosok Rizal Mantovani merupakan salah satu sutradara terbaik Indonesia paling berpengaruh dalam kebangkitan film horor di Indonesia. Rizal adalah sosok di balik film Jelangkung (2001), trilogi Kuntilanak hingga 5 CM (2011).
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak