Deretan Tokoh Ternama yang Hidup dengan Satu Paru-paru, Salah Satunya Paus Fransiskus

Kamis, 05 September 2024 - 19:03 WIB
loading...
Deretan Tokoh Ternama...
Paus Fransiskus menjadi salah satu tokoh ternama di dunia yang hidup dengan hanya satu paru-paru. Selain Paus, beberapa tokoh juga hidup dengan kondisi serupa. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Paus Fransiskus menjadi salah satu tokoh ternama di dunia yang hidup dengan hanya satu paru-paru . Selain Paus, beberapa tokoh lain juga hidup dengan kondisi serupa.

Hal ini membuktikan bahwa keterbatasan fisik tidak menghalangi Paus Fransiskus dan tokoh lainnya untuk mencapai kesuksesan luar biasa dalam bidangnya masing-masing. Kisah-kisah inspiratif ini menjadi bukti bahwa kesehatan fisik yang terbatas bukanlah penghalang untuk berkarya dan menginspirasi dunia.

Sementara itu, paru-paru bertanggung jawab untuk pertukaran oksigen dan karbon dioksida melalui proses pernapasan. Kemudian setiap manusia memang idealnya memiliki dua pasang paru-paru. Dalam kebanyakan kasus, satu paru-paru yang sehat seharusnya dapat menyalurkan cukup oksigen dan mengeluarkan cukup karbon dioksida agar tubuh tetap sehat.

Dokter menyebut operasi pengangkatan paru-paru sebagai pneumonektomi. Berikut tokoh ternama yang hidup hanya dengan satu paru-paru seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (5/9/2024).

Deretan Tokoh Ternama yang Hidup dengan Satu Paru-paru







1. Jenderal Sudirman


Pahlawan nasional asal Purbalingga, Jawa Tengah ini hidup dengan satu paru-paru. Banyak sumber mengatakan bahwa sebelum tentara Belanda menyerbu Kota Yogyakarta pada 19 Desember 1948, Jenderal Sudirman sudah tidak sehat. Paru-parunya bermasalah. Karena itu, setelah operasi, Sudirman sempat beristirahat di rumah.

Meski mengidap penyakit paru-paru, semangat juangnya melawan penjajah tetap menyala. Ia berkeras hati untuk memimpin pasukannya dalam Perang Kemerdekaan jilid 2 pada 1948-1949.

2. Paus Fransiskus


Vatikan mengonfirmasi bahwa pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia ini kehilangan sebagian paru-parunya selama masa kecilnya karena infeksi pernapasan. Namun, para ahli meyakinkan semua pihak bahwa ia layak untuk mengambil peran sebagai Paus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)