6 Sayur dan Kacang-kacangan yang Tak Boleh Dimakan Mentah, Ada yang Beracun!

Minggu, 08 September 2024 - 06:00 WIB
loading...
6 Sayur dan Kacang-kacangan...
Ada banyak makanan yang tidak bisa dimakan mentah. Salah satunya terong. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Ada banyak makanan yang bisa dimakan mentah. Bahkan, beberapa makanan harus dikonsumsi secara mentah.

Namun, tidak semua makanan dalam pola makan kita seperti ini. Beberapa, di antaranya mungkin tidak terasa enak jika dimakan mentah, sementara yang lain mungkin sulit dicerna dan bahkan, bisa membunuh kita! Lalu, makanan apa saja yang tidak bisa dimakan mentah?


Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Mentah

1. Kacang merah
Mengonsumsi empat atau lima kacang merah mentah dapat benar-benar membahayakan Anda. Kacang merah mengandung lektin, yang dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal yang parah. Lektin ini hancur selama proses memasak.

2. Kacang hijau
Kacang hijau kaya akan lektin, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal yang signifikan. Memasak kacang hijau akan mengurangi jumlah lektin.

3. Jamur liar
Meskipun sebagian besar jamur yang Anda temukan di supermarket aman untuk dimakan mentah, tidak disarankan untuk memakan jamur liar tanpa memasaknya. Selain itu, jamur terasa jauh lebih enak jika dimasak!

4. Kentang
Pilihlah kentang yang sudah dimasak. Makanan bertepung ini mengandung senyawa beracun yang disebut glikoalkaloid yang dapat mengacaukan sistem pencernaan Anda.



5. Terong
Seperti kentang, terong juga mengandung solanin, yang merupakan racun glikosida. Karena alasan ini, Anda tidak boleh memakannya mentah.

6. Kecambah
Bakteri patogen seperti E. coli dan salmonella dapat mencemari benih bahkan sebelum tumbuh, jadi memakan kecambah mentah dapat berisiko.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)