Sport Tourism Ajang Promosikan Produk Olahraga Lokal, Sandiaga Uno: Sangat Efektif

Senin, 09 September 2024 - 12:02 WIB
loading...
Sport Tourism Ajang...
Sandiaga Uno mengatakan, penyelenggaraan event wisata berbasis olahraga bisa menjadi sarana promosi yang baik, bukan hanya untuk industri pariwisata, tapi juga produk olahraga dalam negeri. Foto/Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Penyelenggaraan event wisata berbasis olahraga bisa menjadi sarana promosi yang baik, bukan hanya untuk industri pariwisata, tapi juga produk olahraga dalam negeri.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat mengikuti Alas Kedaton Fun Run 2024 di Tabanan, Bali, pada Minggu (8/9/2024).

Meningkatnya tren gaya hidup sehat di kalangan masyarakat menjadi peluang yang besar bagi produk olahraga lokal. Sepatu, misalnya.

Menurut data Kementerian Perindustrian RI, nilai ekspor komoditas sepatu olahraga pada Januari hingga Mei 2024 tercatat sebesar USD1,86 miliar atau meningkat 1,04 persen dari periode yang sama di tahun 2023.



Sport tourism juga bisa menggerakkan perekonomian dengan multiplier effect yang sangat besar mencapai Rp18,8 triliun pada 2024.

Menparekraf sendiri saat mengikuti ajang Alas Kedaton Fun Run 2024 mengenakan sepatu lari lokal merek 910.

"Sangat efektif (promosi produk olahraga lokal di event sport tourism) dibanding dengan kegiatan andalkan mass tourism. Karenanya, kita mengajak semua pihak untuk terus menggagas kegiatan di sini," kata Sandiaga Uno, mengutip laman resmi Kemenparekraf.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Tabanan Dewa Made Indra menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Kemenparekraf dalam mendukung promosi serta pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Tabanan.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)