10 Jenis Makanan yang Dapat Mencegah Kanker Payudara

Senin, 09 September 2024 - 15:25 WIB
loading...
10 Jenis Makanan yang...
Kanker payudara memerlukan perawatan yang sangat serius dan pencegahan dini sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh wanita. Jenis kanker ini dapat menyebabkan komplikasi dan kematian bagi penderitanya.

Karena itu, kanker payudara memerlukan perawatan yang sangat serius dan pencegahan dini sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencegah kanker payudara terjadi pada diri kita memerlukan upaya-upaya dini, seperti gaya hidup sehat, pola makan sehat, dan rutin berkonsultasi ke dokter. Pola makan yang tidak sehat menjadi salah satu faktor penyebab dari adanya kanker payudara.



Anda tentu bisa menerapkan pola makan yang sehat dalam kehidupan sehari-hari. Lantas, apa saja jenis makanan yang dapat mencegah kanker payudara? Berikut ulasannya.

Jenis Makanan Pencegah Kanker Payudara

1. Segala Jenis Buah Berry

Anda dapat mengonsumsi segala jenis buah berry seperti strawberry, raspberry, blueberry, dan cranberry. Buah tersebut dapat mencegah adanya kanker payudara sejak dini, karena mengandung senyawa antosianin dan flavonoid. Senyawa ini dapat melindungi kerusakan sel tubuh sekaligus menghambat penyebaran kanker.

2. Tomat

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang memiliki zat karotenoid paling tinggi. Karotenoid mengandung antioksidan yang dapat melawan segala jenis radikal yang ada di tubuh. Zat ini juga dapat menjaga imunitas tubuh dan melindungi dari segala penyakit.

3. Sayuran Berbonggol

Sayuran berbonggol atau cruciferous menjadi salah satu jenis sayuran yang mengandung senyawa glukosinolat. Senyawa ini dapat melawan sel-sel kanker payudara yang ada di tubuh manusia. Anda bisa menemukan senyawa tersebut di berbagai jenis sayuran berbonggol, seperti brokoli, kubis, dan sawi hijau.

4. Seledri

Seledri mengandung apigenin yaitu zat antioksidan yang dapat melawan sel-sel kanker dalam masa pertumbuhannya. Berdasarkan studi dalam Jurnal Cell & Bioscience (2017) ditemukan bahwa apigenin dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara di tubuh manusia.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber asam lemak omega-3. Menurut studi di Amerika Serikat pada 2015, manfaat omega-3 dapat mencegah penyakit kanker payudara. Tak hanya itu, omega-3 juga bermanfaat dalam mengurangi peradangan dalam tubuh manusia.


6. Bawang

Bawang menjadi salah satu jenis makanan yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara. Hal ini ditemukan dalam studi di University of Puerto Rico yang menunjukkan bahwa wanita yang mengonsumsi bawang per hari memiliki risiko 67% lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi bawang.

7. Kedelai

Kedelai merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung isoflavon. Zat ini dapat mencegah dan menurunkan risiko terkena kanker payudara. Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis olahan kedelai seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

8. Biji-Bijian Utuh

Biji-bijian utuh misalnya beras merah, gandum, dan jagung. Berbagai jenis biji-bijian ini mengandung nutrisi dan fitokimia yang tinggi. Tingginya kandungan nutrisi dan fitokimia dapat mengubah kerja hormon pengidap kanker payudara.

9. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga termasuk salah satu jenis makanan yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker payudara. Hal itu dikarenakan adanya zat efek radikal dalam kandungan sayuran hijau. Anda dapat mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan selada.

10. Susu Tanpa Lemak

Kandungan vitamin D dalam susu dapat bermanfaat bagi pengidap kanker payudara. Namun, susu biasanya akan mengandung lemak tinggi dan perlu dibatasi.

Maka, Anda perlu mengonsumsi susu tanpa lemak yang mengandung vitamin D. Hal ini diyakini dapat mencegah dan mengontrol pertumbuhan sel kanker payudara.

Itulah ulasan mengenai 10 jenis makanan pencegah kanker payudara. Semoga bermanfaat. MG/Bramcov Stivens Situmeang
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)