7 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet, Sehat dan Mengenyangkan

Senin, 09 September 2024 - 23:00 WIB
loading...
7 Makanan Pengganti...
Ada beberapa makanan pengganti nasi putih yang bisa menjadi pilihan untuk diet atau menurunkan berat badan. Nasi putih merupakan makanan pokok di Indonesia. Foto/The Spruce Eats
A A A
JAKARTA - Ada beberapa makanan pengganti nasi putih yang bisa menjadi pilihan untuk diet atau menurunkan berat badan. Nasi putih merupakan makanan pokok di banyak negara, termasuk Indonesia.

Nasi putih menjadi sumber karbohidrat utama dalam pola makan sehari-hari. Namun, ada banyak sumber karbohidrat lain yang juga bisa menjadi pengganti nasi dalam diet baik karena alasan kesehatan, variasi, atau kebutuhan diet tertentu.

Beberapa makanan ini menawarkan kandungan nutrisi yang setara atau bahkan lebih tinggi dari nasi, menjadikannya pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat yang lebih beragam serta meningkatkan asupan nutrisi tanpa selalu bergantung pada nasi.

Berikut ini adalah tujuh makanan pengganti nasi putih untuk diet dilansir dari Times of India, Senin (9/9/2024).

7 Makanan Pengganti Nasi Putih untuk Diet





1. Kentang


Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang sangat populer dan bisa dijadikan pengganti nasi. Setiap 100 gram kentang matang mengandung sekitar 17 gram karbohidrat, yang hampir setara dengan nasi. Selain itu, kentang kaya akan vitamin C, vitamin B6, kalium, dan serat, terutama jika dimakan bersama kulitnya.

Kentang dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti rebus, panggang, atau bahkan dihaluskan sebagai mashed potatoes, yang bisa menggantikan nasi dalam berbagai menu.

2. Ubi Jalar


Ubi jalar adalah sumber karbohidrat yang kaya nutrisi dan lezat. Dalam 100 gram ubi jalar matang terkandung sekitar 20 gram karbohidrat. Selain karbohidrat, ubi jalar juga mengandung beta-karoten (vitamin A), serat, vitamin C, dan kalium. Rasanya yang manis alami membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai resep.

Ubi jalar dapat diolah dengan berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau dikukus, dan bisa menjadi pengganti nasi yang lebih manis dan bernutrisi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1380 seconds (0.1#10.140)