Teknologi Skrining Jantung Bethsaida Hospital, Ini Bedanya CT Scan dan Kateterisasi

Rabu, 11 September 2024 - 01:00 WIB
loading...
Teknologi Skrining Jantung...
Penyakit Jantung, sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan Silent Killer. Sebutan ini karena serangan jantung sering terjadi tanpa gejala. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penyakit Jantung , sudah sangat dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan “Silent Killer”. Sebutan ini tentunya memiliki dasar yang kuat, karena serangan jantung sering kali terjadi tanpa adanya gejala apapun dan merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Fakta ini menegaskan betapa pentingnya pemeriksaan dini untuk mengetahui potensi terjadinya serangan, kelainan atau gangguan jantung.

Bethsaida Hospital Gading Serpong melalui Heart & Vascular Center (Pusat Layanan Unggulan Jantung dan Pembuluh Darah) tidak hanya fokus pada pelayanan kuratif, tetapi juga pada langkah pencegahan yang dapat menghindari komplikasi akibat penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Skrining dan diagnosis penyakit jantung koroner dapat dipastikan melalui dua cara, yaitu CT Scan Cardiac dan Kateterisasi Jantung. Kedua metode ini memiliki peran krusial, namun diaplikasikan dalam situasi yang berbeda. dr. Yudistira Panji Santosa, Sp.PD-KKV, (M.Kes), Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Kardiovaskular (Intervensi) di Bethsaida Hospital, memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kedua prosedur ini.

CT Scan Jantung: Pemeriksaan Non-Invasif dengan Teknologi Canggih Berbasis AI

CT Scan Jantung adalah pemeriksaan non-invasif yang menggunakan teknologi tomografi terkomputerisasi untuk menghasilkan gambar 4D dari jantung dan pembuluh darah. Bethsaida Hospital telah dilengkapi dengan CT Scan 512 Slice berbasis AI (Artificial Intellegence) yang memungkinkan pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat (teknologi One Heartbeat Scan), serta menghasilkan gambar pencitraan jantung dengan resolusi tinggi, namun dengan tingkat radiasi yang minim.

Pemeriksaan ini memberikan gambaran yang detail tanpa perlu memasukkan alat ke dalam tubuh. CT Scan Jantung sering digunakan untuk mendeteksi penyempitan arteri koroner dan menilai kesehatan jantung secara keseluruhan.

Dalam dunia medis yang terus berkembang, teknologi canggih memainkan peran penting dalam meningkatkan kualitas diagnosis dan perawatan. Salah satu inovasi terbaru Bethsaida Hospital dalam bidang pencitraan medis adalah teknologi CT Scan Revolution Apex Elite 512 Slice yang menawarkan berbagai kelebihan dan manfaat yang sangat menguntungkan, terutama dalam pemeriksaan jantung

"CT Scan Jantung adalah pilihan yang sangat baik untuk pasien yang membutuhkan evaluasi jantung secara cepat dan tidak invasif. Dengan teknologi ini, kami dapat mendeteksi masalah jantung lebih awal dan menentukan langkah penanganan yang tepat," tambah dr. Yudistira.



Kateterisasi Jantung: Prosedur Invasif Berbasis AI untuk Diagnosis Mendalam
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1661 seconds (0.1#10.140)