Hari Radio Nasional 2024, Kemenparekraf Dukung Peluncuran Buku 'Panggil Saya Mas Yos'

Rabu, 11 September 2024 - 19:37 WIB
loading...
Hari Radio Nasional...
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara bertajuk A Tribute to Mas Yos dan peluncuran buku berjudul Panggil Saya Mas Yos di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Bertepatan dengan Hari Radio Nasional 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara bertajuk 'A Tribute to Mas Yos' dan peluncuran buku berjudul 'Panggil Saya Mas Yos' di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2024). Acara ini merupakan bentuk apresiasi Kemenparekraf atas jasa-jasa Mas Yos dalam memajukan industri ekonomi kreatif Indonesia.

Nama Mas Yos atau R. Suyoso Karsono tidak dapat dipisahkan dari perkembangan industri musik, rekaman, dan radio di Tanah Air. Selain membangun perusahaan musik (Irama Record), Mas Yos juga mendirikan radio swasta pertama yang ia beri nama Elshinta.

Tak berhenti di situ saja, pada era '60-an, Mas Yos berhasil mencetak sederet artis pop kenamaan seperti Bing Slamet, Lilis Suryani, Titiek Puspa, Aida Mustafa, dan masih banyak lagi.



Melihat kontribusi yang telah dilakukan oleh Mas Yos, tak heran bila Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi setinggi-tingginya dengan mendukung peluncuran buku 'Panggil Saya Mas Yos'.

“Semoga buku ini tidak hanya menjadi sumber pengetahuan, tapi juga mampu menginspirasi para pembaca, khususnya generasi muda yang tertarik pada dunia musik dan radio. Saya mengharapkan bahwa segala proses perjuangan Mas Yos yang luar biasa ini, bahwa tantangan yang dihadapinya di masa itu hingga upaya kita untuk keberlanjutan industri ini di Indonesia, tetap terus dicari cara mengatasinya, terus bergairah dalam beradaptasi secara inklusif dan terus-menerus untuk bertahan dan maju berkembang dengan bentuk baru di era digital dan AI ini dengan baik," papar Menparekraf Sandiaga Uno.

Buku ini menceritakan peran kunci Mas Yos dalam menemukan dan mengembangkan bakat seni sejumlah musisi dan penyanyi legendaris berbagai genre musik di Indonesia. Seperti sebuah impresario yang lengkap dengan elemen-elemen pendukung yang diperlukan di sekitarnya; serta mendirikan dua stasiun radio swasta pertama yang berhasil menjadi bagian penting yang dekat, mengisi kehidupan sehari-hari masyarakat, khususnya dalam penyebaran musik, informasi dan pengetahuan di Indonesia, yakni Radio Elshinta pada jalur AM dan Radio Suara Irama Indah pada jalur FM Stereo.



Elshinta Suyoso, putri kandung Mas Yos mengatakan, tidak mudah menghadirkan secara utuh gambaran tentang sosok sang ayahanda dari kiprahnya di industri musik Tanah Air.

“Semua informasi memang tergantung dari sisi mana kita memandangnya. Itulah sebabnya dilakukan wawancara dengan mereka yang adalah para penyanyi, musisi, dan pengamat sebagai narasumber kunci seperti yang ditemui dalam rangkaian bab di dalam buku ini,” terang Elshinta.

Kendati demikian, Elshinta berharap buku ini dapat menjadi sumbangsih berharga bagi industri musik rekaman dan radio Indonesia, serta memperkaya wawasan khalayak tentang sejarah dan kiprah Mas Yos yang telah mewarnai perjalanan musik rekaman dan radio di Tanah Air.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)