Profil dan Biodata Baim Mantan Artis Cilik yang Ditelantarkan oleh Ayah Sendiri

Kamis, 12 September 2024 - 01:10 WIB
loading...
Profil dan Biodata Baim...
Ibrahim Khalil Alkatiri atau yang lebih dikenal dengan Baim, mantan aktor cilik ternama Indonesia, menjadi sorotan publik usai menceritakan kisah pilu yang dialaminya dalam podcast Kasisolusi pada 5 September lalu. Foto/Instagram Baim Alkatiri
A A A
JAKARTA - Ibrahim Khalil Alkatiri atau yang lebih dikenal dengan Baim, mantan aktor cilik ternama Indonesia, menjadi sorotan publik usai menceritakan kisah pilu yang dialaminya dalam podcast Kasisolusi pada 5 September lalu. Kehadiran di podcast tersebut menjadi kemunculan pertama Baim sejak berhenti tampil di layar kaca. Pasalnya, ia sudah tidak diberikan nafkah oleh sang ayah sejak tahun 2022.

"Aku udah nggak nerima uang sepeser pun dari ayahku sejak Agustus 2022. Secara hukum negara (ayah) harusnya nafkahi aku sampai aku nikah," ujar Baim Cilik dalam Podcast Kasisolusi.

Baim mengakui, hubungan keluarganya tidak baik setelah kedua orang tuanya berpisah. Sudah 2 tahun Baim berjuang untuk membayar sekolah dan mencukupi kebutuhan dirinya serta sang ibu. Padahal saat masih kecil, Baim sangat populer berkat perannya yang menggemaskan sebagai Tarzan pada sinetron Tarzan Cilik.



Lantas, bagaimana perjalanan kariernya sebagai artis? Berikut profil dan biodata Baim.

Kehidupan Pribadi

Baim merupakan anak dari pasangan Halil Fuad Alkatiri dan Sakina. Baim memiliki saudara kandung laki-laki yang bernama Akbar Khalil Alkatiri. Baim menghentikan kariernya sebagai artis cilik dan memilih untuk fokus bersekolah.

Baim pernah menjadi seorang santri di Imam Bukhari, suatu pondok pesantren yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah, dan melanjutkan pendidikannya dengan bersekolah di SMA Surya Buana Malang. Sejak kedua orang tuanya berpisah, ayah sudah tidak menafkahi Baim dan ibunya. Selain itu, Baim kehilangan kontak dengan ayahnya sejak 2022 sehingga ia harus memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri dengan membuka usaha.

Perjalanan Karier

Baim memulai karier di industri hiburan sejak 2007, saat itu usianya baru menginjak 3 tahun. Ia tidak sengaja mendapatkan tawaran untuk bermain sinetron setelah mengantar syuting kakaknya yang juga seorang artis cilik, Akbar Alkatiri.

Sinetron pertama yang dibintanginya pada tahun 2007-2008 adalah Doo Bee Doo dengan peran sebagai Tian. Sinetron kedua Baim mainkan pada 2008, judulnya Cerita SMA dengan peran sebagai Baim.

Kesuksesan peran di 2 sinetron pertamanya membuat Baim memerankan beberapa sinetron sekaligus pada 2009, sebagai awal puncak kesuksesan kariernya di layar kaca.

Sinetron Populer yang dibintanginya yakni Tarzan Cilik, Ben 7, Baim Anak Soleh, Buku Harian baim, dan Bintang untuk Baim. Aktingnya sebagai Tarzan pada sinetron Tarzan Cilik menjadi pusat perhatian publik dengan jargonnya yang populer “Tolong Baim Ya Allah” dan namanya semakin tenar sejak saat itu. Dari tahun 2007 hingga 2014 Baim telah membintangi 12 Judul sinetron stripping.

Selain menjadi pemain sinetron, Baim juga terjun di dunia tarik suara dengan merilis 2 single. Single tersebut diberi judul “Catatanku” bersama Melly Goeslaw pada 2009 dan “Ratapanku” di tahun 2010. Setelah tidak melanjutkan karyanya di industri hiburan pada tahun 2014 dan lebih memilih untuk fokus bersekolah, semua penghasilan Baim selama menjadi artis cilik dibawa kabur oleh sang ayah, dengan jumlah nominal Rp32,4 miliar.



Baim yang saat ini berusia 19 tahun, telah bangkit dari kondisi perekonomiannya dengan membuka beberapa bisnis. Baim mengawali bisnis pertamanya di bidang kuliner, yaitu dengan membuka sebuah warung makan bernama Sego Babat Cokro. Kemudian Baim juga membuka bisnis ternak kambing di daerah Malang, Jawa Timur. Selain bisnis, Baim juga menjadi ambassador brand parfum bernama X-Perfumery.

Biodata Baim

Nama Lahir: Baim Khalil Alkatiri
Tempat, Tanggal Lahir: Malang, 7 Juni 2005
Usia: 19 Tahun
Agama: Islam
Zodiak: Gemini
Profesi: Artis, Penyanyi, Pengusaha
Tahun Aktif: 2007-2014

Itulah profil dan biodata dari Baim Khalil Alkatiri, yang kita kenal dengan nama Baim Cilik. MG/Devina
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)