5 Aksen Bahasa Inggris di UK yang Wajib Diketahui para Turis

Kamis, 12 September 2024 - 04:40 WIB
loading...
5 Aksen Bahasa Inggris...
Ada beberapa aksen bahasa Inggris di UK alias United Kingdom yang wajib diketahui para turis. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa aksen bahasa Inggris di UK alias United Kingdom yang wajib diketahui para turis. Aksen ini berbeda sehingga buat orang asing, akan cukup sulit diterima.

UK atau Inggris kerap menjadi destinasi liburan warga dunia. Saat ingin pelesiran ke sana, bisa berbahasa Inggris dengan lancar akan menjadi hal yang sangat menguntungkan. Dengan begitu, komunikasi dengan warga lokal akan berjalan lancar.

Namun, tahukah Anda bahwa di Inggris ada sejumlah aksen atau dialek yang berbeda meskipun bahasanya sendiri sama? Tercatat, ada hampir 40 dialek berbeda di Inggris yang bunyinya sangat berbeda. Ejaan dan struktur katanya pun tidak sama, tergantung dari daerah mana dialek itu berasal.



Jadi, buat Anda yang akan melancong ke Inggris, perlu tahu nih aksen apa saja yang digunakan di sana. Berikut lima di antaranya.

Aksen Bahasa Inggris di UK

1. Skotlandia

Aksen bahasa Inggris di UK yang pertama adalah dialek Skotlandia. Aksen ini dipengaruhi oleh bahasa Gaelik, yang digunakan di wilayah tertentu di Skotlandia. Orang Skotlandia akan menyebut Skotlandia sebagai 'SKORT-lond' dan bukan 'SKOTT-lund' dalam bahasa Inggris standar. Dialek ini banyak ditemukan di kota-kota seperti Edinburgh dan Glasgow.

2. Geordie

Orang-orang Newcastle berbicara dengan dialek yang disebut Geordie, yang merupakan salah satu aksen terkuat dan paling khas di Inggris. Geordie mengubah semua aturan bahasa Inggris standar, jadi tidak ada yang diucapkan seperti yang Anda harapkan.

3. Scouse

Aksen ini digunakan oleh warga Liverpool yang kerap disebut dengan Scousers atau Liverpudlians. Dialek ini memiliki banyak penekanan pada huruf A dan Y di tiap kata. Aksen Liverpudlians juga sulit dipahami ketika mereka mengucap kata yang mengandung huruf R, karena susah dibedakan itu L atau R.

Selain Liverpool, akses Scouse juga banyak ditemukan pada penduduk Manchester.


4. Yorkshire

Salah satu distrik terbesar di Inggris, Yorkshire, memiliki aksen khas di mana salah satu perbedaan pengucapan terbesar ada pada huruf U. Dialek ini dianggap yang paling baik dan paling bisa dipahami oleh orang lain di Inggris. Anda bisa mendengar dialek Yorkshire di kota-kota seperti York, Leeds, dan Sheffield.

5. Welsh

Aksen bahasa Inggris di UK lainnya adalah aksen Welsh yang dimiliki oleh warga Wales. Sejatinya merupakan negara yang berbeda dari Inggris, Wales memiliki budaya dan bahasa tersendiri. Warganya terbiasa dengan kata-kata yang sangat panjang dan rumit.

Ketika orang Welsh berbicara bahasa Inggris, aksen mereka akan langsung dikenali. Mereka mengucapkan kata-kata seperti 'Wales' sebagai Wee, tidak seperti orang Inggris yang mengucapkannya dengan Way-ells.

Dialek Welsh banyak ditemukan di Cardiff dan Bristol.
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)