Profil Chappell Roan, Musisi Pendatang Baru yang Raih Best New Artist VMA 2024

Kamis, 12 September 2024 - 23:32 WIB
loading...
Profil Chappell Roan,...
Chappell Roan kembali berhasil mencuri perhatian publik. Setelah sukses dengan lagu Good Luck, Babe!, Chappell Roan kini sukses meraih piala MTV Video Music Awards 2024. Foto/Instagram Chappell Roan
A A A
JAKARTA - Musisi pendatang baru asal Willard, Missouri, Chappell Roan, kembali berhasil mencuri perhatian publik. Setelah sukses dengan lagu Good Luck, Babe!, Chappell Roan kini sukses meraih piala MTV Video Music Awards (VMA) pertamanya untuk nominasi best new artist.

Profil Chappell Roan

Lahir di Willard, Missouri, pada 19 Februari 1998, penyanyi yang memiliki nama lengkap Kayleigh Rose Amstutz ini menghabiskan masa kecilnya di sebuah taman trailer. Dua kata yang dapat menggambarkan masa kecilnya ialah konservatif dan agamis. Hal itu dikarenakan pada masa kanak-kanaknya, Chappell sering menghadiri gereja selama 3 kali dalam seminggu, dan mengisi liburannya selama musim panas di kamp Kristen.

Bakat musik tumbuh ketika Chappell mulai bermain piano di usia 10 tahun, dan akhirnya mengambil kursus piano ketika berumur 12 tahun. Sejak tertarik untuk mempelajari piano dengan serius, pada saat itu juga kepercayaan diri Chappell untuk tampil di hadapan banyak orang mulai meningkat. Ia lantas mengikuti beberapa acara pencarian bakat, mulai yang diadakan di sekolahnya hingga audisi America's Got Talent.



Walaupun tidak berhasil lanjut ke babak berikutnya, Chappell tak menyerah begitu saja terhadap mimpinya untuk menjadi seorang musisi. Ketika menginjak usia 15 tahun, Chappell mulai aktif di YouTube dengan mengunggah beberapa video cover dari lagu-lagu ternama, hingga akhirnya menarik perhatian berbagai label rekaman.

Skill yang ia miliki dalam menulis lagu kemudian muncul ketika Chappell menginjak remaja. Hal ini dibuktikan ketika Chappell menulis lagu pertamanya sendiri yang berjudul Die Young, yang kemudian di-upload ke kanal YouTube pribadinya pada November 2014.

Chappell menulis lagu tersebut ketika menghadiri perkemahan musim panas di Interlochen Center for the Arts, yang menurutnya telah mengubah lintasan hidupnya. Tepat setahun setelahnya, ia pun menandatangani kontrak dengan label musik Atlantic Records pada Mei 2015.

Tahun 2016 merupakan tahun pertama bagi Chappell, yang resmi mendapatkan sebutan penyanyi dan penulis lagu. Selain mulai aktif memproduksi lagu dan tampil di berbagai tempat, musisi wanita ini akhirnya memutuskan untuk menggunakan nama panggung Chappell Roan.

Nama tersebut memiliki filosofi tersendiri, yakni untuk menghormati sang kakek yang bernama Dennis K. Chappell, yang meninggal akibat kanker otak di tahun 2016. Sedangkan nama belakangnya, Roan, diambil dari lagu favoritnya karya Curley Fletch dengan judul The Strawberry Roan.

Kemudian di tahun 2020, Chappell bekerja sama dengan produser dan penulis lagu ternama, Dan Nigro, untuk single-nya yang berjudul Pink Pony Club. Setahun setelah perilisannya, Pink Pony Club dinobatkan sebagai The Song of the Summer 2021 oleh Vulture, dan sukses didengar lebih dari 10 juta kali di Spotify.

Tidak berhenti di situ, Chappell kemudian diundang oleh penyanyi hits Olivia Rodrigo untuk tampil di rangkaian turnya yang bertajuk Sour Tour sebagai opening act.



Pada 22 September 2023, akhirnya Chappell merilis album pertama yang berjudul The Rise and Fall of Midwest Princess. Album ini menerima respons positif dari masyarakat internasional, yang akhirnya memantapkan Chappell untuk mengadakan tur dunia pertamanya, yakni The Midwest Princess Tour, yang diadakan mulai 25 September 2023 hingga 11 Oktober 2024.

Biodata Chappell Roan

Nama lengkap : Kayleigh Rose Amstutz
Nama panggung : Chappell Roan
Tanggal lahir : 19 Februari 1998
Kota kelahiran : Willard, Missouri
Profesi : Penyanyi dan Penulis Lagu

Berkat kepercayaan diri yang kuat, suara unik, dan penampilan yang khas, membuat Chappell menjadi artis top dunia di posisi ke-61. Ia berhasil mendapatkan lebih dari 600 juta pendengar untuk lagu hits-nya Good Luck, Babe! di platform Spotify. Bukan hanya itu, di usianya baru saja menginjak 26 tahun, Chappell berhasil tampil dan membawa pulang piala VMA 2024 untuk nominasi Best New Artist. MG/Jasmine Putri Kusuma
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1682 seconds (0.1#10.140)