Profil dan Perjalanan Karier Dave Grohl, Mantan Drummer Nirvana yang Kini Bernaung di Foo Fighters

Jum'at, 13 September 2024 - 03:30 WIB
loading...
Profil dan Perjalanan...
Dave Grohl musisi penuh talenta yang dulu merupakan drummer pentolan Nirvana, salah satu band paling populer di dunia yang menjadi ikon era 90-an. Foto/Dok Reuters
A A A
JAKARTA - Nama Dave Grohl menjadi bahan pembicaraan pecinta musik rock di internet. Pasalnya, ia terlibat dalam sebuah skandal yang dikonfirmasi oleh dia sendiri pada Selasa, 11 September 2024, melalui akun Instagram pribadi.

Pria yang sudah menikah sejak 2003 ini mengaku memiliki bayi perempuan yang baru saja lahir di luar pernikahan dengan istrinya saat ini. Terkait informasi tersebut, mantan pacar Dave Grohl bahkan ikut buka suara tentang sang musisi yang suka berselingkuh.

Sebelum menikah dengan Jordyn Blum yang merupakan produser TV dan model, Dave Grohl pernah menikah dengan fotografer bernama Jennifer Leigh Youngblood pada 1994 hingga 1997. Sayang, pernikahan mereka harus kandas karena ketidaksetiaan Dave Grohl.

Terlepas dari skandal perselingkuhannya, seorang Dave Grohl dipastikan sudah tidak asing di kalangan pecinta band rock dan grunge. Dia memang musisi penuh talenta yang dulu merupakan drummer pentolan Nirvana, salah satu band paling populer di dunia yang menjadi ikon era '90-an. Berkat keahlian dalam bermusik itulah yang membuat nama Dave Grohl bisa menjadi sebesar sekarang.



Memiliki nama lengkap David Eric Grohl, pria dengan nama panggung Dave Grohl ini lahir di Warren, Ohio, Amerika Serikat, pada 14 Januari 1969. Ia memiliki darah Jerman, Irlandia, Slovakia, dan juga Inggris dari kedua orang tuanya. Saat usianya menginjak 7 tahun, orang tua Dave Grohl bercerai dan ia ikut dengan ibunya.

Sejak usia 12 tahun, Dave Grohl mulai menunjukkan ketertarikan besar pada dunia musik. Instrumen pertama yang ia pelajari adalah gitar. Berkat berlatih gitar autodidak, Dave Grohl jadi mengenal dirinya sendiri yang lebih tertarik dengan genre lagu yang keras jika dibandingkan dengan kakak perempuannya yang cenderung lebih menyukai new wave. Berbekal kemampuan gitarnya, Dave Grohl lalu membentuk band bersama teman-temannya.

Kenyataan bahwa Dave Grohl terus-menerus berpindah dari satu sekolah ke sekolah lain tidak memadamkan minat besarnya dalam dunia musik. Ia juga selalu memiliki band di setiap tempat yang disinggahi. Sampai akhirnya keluarganya memutuskan untuk Dave Grohl pindah ke Virginia saat ia SMA.

Setibanya di Virginia, Dave Grohl bergabung dengan sebuah band lokal bernama Freak Baby sembari mempelajari cara bermain drum. Mungkin sudah takdir Dave Grohl untuk menjadi seorang drummer terkenal. Basis Freak Baby dipecat dan band tersebut melakukan perombakan susunan anggota band. Keputusan bulat membuat Dave Grohl mengubah posisinya menjadi drummer dari band yang kemudian berganti nama menjadi Mission Impossible itu.

Dave Grohl yang terpengaruh oleh band-band heavy metal seperti Led Zeppelin, Kiss, Motorhead, dan Black Sabbath sekaligus punk yaitu Stooges, Bad Brains, Black Flag, serta Germs, akhirnya mengikuti audisi drummer dari band punk Washington D.C. yang bernama Scream. Demi Scream, Dave Grohl yang saat itu baru berusia 17 tahun bahkan berbohong tentang usianya yang dianggap terlalu muda untuk bergabung.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)