Mengenal Kembar Siam Seperti yang Dialami Ardi dan Ardan

Senin, 04 November 2019 - 13:24 WIB
Mengenal Kembar Siam Seperti yang Dialami Ardi dan Ardan
Mengenal Kembar Siam Seperti yang Dialami Ardi dan Ardan
A A A
JAKARTA - Kembar siam berkembang ketika embrio awal hanya terpisah sebagian untuk membentuk dua individu. Meskipun dua janin akan berkembang dari embrio ini, mereka akan tetap terhubung secara fisik dan kembar siam paling umum terjadi di dada, perut atau panggul.

Meskipun banyak kembar siam tidak hidup ketika lahir atau mati tak lama setelah lahir, kemajuan dalam operasi dan teknologi telah meningkatkan tingkat kelangsungan hidup. Beberapa kembar siam yang masih hidup dapat dipisahkan secara operasi.

Keberhasilan operasi tergantung pada posisi kembar dempet dan organ mana yang dibagikan, serta pengalaman dan keterampilan tim bedah. Hal ini seperti yang akan dilakukan pada kembar siam Ardi dan Ardan oleh tim dokter Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita.

Pada operasi pemisahan bayi kembar siam Ardi dan Ardan yang akan dilakukan pada Sabtu, 16 November 2019 mendatang, RSAB melibatkan 30 dokter spesial. (Baca juga: 30 Dokter Spesialis Dilibatkan untuk Operasi Kembar Siam Ardi-Ardan ).

“RSAB Harapan Kita akan dibantu beberapa tenaga medis spesialis dari rumah sakit luar antara lain, RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, RSCM, RS Pusat Kanker Nasional Dharmais, RSPAD Gatot Subroto," kata Direktur Utama RSAB Harapan Kita, dr Didi Danukusumo.

Dijelaskan Didi, operasi pemisahan kembar siam sangat kompleks sehingga harus melibatkan banyak disiplin ilmu, tenaga medis, tenaga kesehatan dan tenaga perawat dengan jumlah banyak. Tenaga medis yang terlibat dalam pemisahan Ardi dan Ardan terdiri dari spesialis bedah anak, spesialis bedah thorax kardio vaskular, sepasialis bedah pelastik, spesialis patologi klinik dan spesialis rehabilitasi medik.

Kembar siam Ardi dan Ardan terjadi dibagian dada dan perut. Seperti dilansir mayoclinik, secara umum, kembar siam memang terjadi di dada, perut atau panggul, tetapi ada juga yang langka. Untuk jelasnya, berikut beberapa jenis kembar siam;

1. Dada
Kembar Thoracopagus termasuk yang paling umum terjadi, kembar ini bergabung satu sama lain di bagian dada. Untuk kembar di dada, yang sering terjadi adalah bayi memiliki hati yang sama dan mungkin berbagi hati dan usus bagian atas. Ini adalah salah satu situs paling umum dari kembar siam.

2. Perut
Omphalopagus merupakan kembar siam atau bagian tubuh yang bergabung di dekat pusar. Banyak kembar omphalopagus berbagi hati, dan beberapa berbagi bagian bawah usus kecil (ileum) dan usus besar. Mereka umumnya tidak berbagi hati.

3. Pangkal tulang belakang
Kembar pygopagus umumnya menempel di pangkal tulang belakang dan bokong. Beberapa kembar pygopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, dan beberapa berbagi organ genital dan kemih.

4. Panjang tulang belakang
Rachipagus juga disebut rachiopagus, yakni kembar siam yang terjadi di belakang sepanjang tulang belakang. Tipe ini sangat jarang. (Baca juga: Aplikasi Permudah Pengguna Mengatur Pola Hidup Sehat ).

5. Panggul
Kembar Ischiopagus bergabung di panggul, baik tatap muka atau ujung ke ujung. Banyak kembar ischiopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, serta hati dan organ genital dan saluran kemih. Setiap kembar mungkin memiliki dua kaki atau, lebih jarang, si kembar berbagi dua atau tiga kaki.

6. Kembar parapagus
Parapagus bergabung bersebelahan di panggul dan sebagian atau seluruh perut dan dada, tetapi dengan kepala terpisah. Si kembar dapat memiliki dua, tiga atau empat lengan dan dua atau tiga kaki.

7. Kepala
Kembar Craniopagus bergabung di bagian belakang, atas atau samping kepala, tetapi tidak pada wajah. Kembar Craniopagus berbagi sebagian dari tengkorak. Tetapi otak mereka biasanya terpisah, meskipun mereka mungkin berbagi beberapa jaringan otak.

8. Kepala dan dada

Cephalopagus merupakan kembar bergabung di wajah dan tubuh bagian atas. Wajah-wajah berada di sisi yang berlawanan dari satu kepala yang sama, dan mereka berbagi otak. Si kembar ini jarang bertahan hidup.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kembar dapat disatukan dengan satu kembar lebih kecil dan kurang terbentuk sepenuhnya dari yang lain (kembar siam asimetris). Dalam kasus yang sangat jarang, satu kembar dapat ditemukan sebagian berkembang di dalam kembar lainnya (janin dalam janin).
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3949 seconds (0.1#10.140)