5 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah, Mudah Dilakukan

Selasa, 17 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
5 Gerakan Yoga untuk...
Sejumlah gerakan yoga bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara alami. Olahraga ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Foto/The Yoga Collective
A A A
JAKARTA - Sejumlah gerakan yoga bisa membantu menurunkan kadar gula darah secara alami. Olahraga ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang berisiko.

Sejumlah penelitian menunjukkan beberapa gerakan yoga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, sirkulasi, dan mengurangi stres. Semua komponen ini bermanfaat untuk mengelola kadar gula darah .

Berikut adalah gerakan yoga sederhana yang dapat ditambahkan ke rutinitas harian untuk menjaga kadar gula darah tetap terkendali dilansir dari Times of India, Selasa (17/9/2024).

5 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah





1. Surya Namaskar


12 gerakan yoga yang dikenal sebagai surya namaskara membantu meningkatkan sirkulasi, merangsang pankreas, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Perubahan ini berkontribusi pada pengaturan gula darah.

Gerakan dinamis ini memiliki tiga manfaat utama untuk mengelola diabetes dengan meningkatkan pencernaan, menurunkan stres, dan melibatkan seluruh tubuh. Dengan kedua tangan saling bertautan di depan dada, mulailah dalam posisi berdiri.

Tarik napas saat mengangkat lengan di atas kepala dan lepaskan saat membungkuk untuk menyentuh lantai. Tarik napas dalam-dalam saat Anda maju perlahan melalui setiap gerakan, lalu ulangi selama enam hingga 10 siklus.

2. Vrikshasana


Vrikshasana merupakan cara yang bagus untuk menurunkan ketegangan dan meningkatkan fokus serta keseimbangan, yang keduanya dapat membantu mengatur kadar gula darah. Gerakan ini meningkatkan sirkulasi dan memperkuat otot inti.

Berdiri tegak dan seimbangkan tubuh dengan satu kaki. Telapak kaki kedua harus berada di paha bagian dalam, jangan letakkan di lutut. Angkat telapak tangan di atas kepala atau rapatkan di dada. Tarik napas beberapa kali untuk menahannya, lalu balikkan tubuh.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)