Shanghai's Mooncake Festival Perpaduan Budaya Nusantara dan Tiongkok di Old Shanghai

Jum'at, 20 September 2024 - 20:00 WIB
loading...
Shanghais Mooncake Festival...
Old Shanghai menggelar acara tahunan Shanghai’s Mooncake Festival di Old Shanghai, Sedayu City, Kelapa Gading, sejak 10 September hingga 22 September 2024. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Old Shanghai menggelar acara tahunan Shanghai’s Mooncake Festival di Old Shanghai, Sedayu City, Kelapa Gading, sejak 10 September hingga 22 September 2024. Old Shanghai menyelenggarakan acara ini dengan dukungan Perempuan Indonesia Tionghoa (PINTI), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

Mooncake Festival atau Festival Kue Bulan, dikenal juga sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur, merupakan salah satu perayaan paling penting dalam budaya Tionghoa selain Tahun Baru Imlek. Perayaan ini sudah dimulai sejak 3.000 tahun lalu, yang melambangkan kebersamaan, kesatuan keluarga, dan rasa syukur atas panen yang melimpah.

Selain menghadirkan beragam budaya Nusantara dan Tionghoa, Shanghai’s Mooncake Festival di Old Shanghai juga menyuguhkan aneka kuliner produk UMKM, lomba menyanyi lagu Mandarin dan kegiatan doorprize dengan hadiah-hadiah menarik.

"Konsep acara Shanghai’s Mooncake Festival yang diselenggarakan oleh Old Shanghai ini mengusung konsep perpaduan budaya Nusantara dan Tionghoa, dimana seluruh masyarakat dapat merayakan suasana kebersamaan dan keharmonisan di satu tempat," kata Operation Commercial Retail 1 Deputy Division Head - Commercial Retail 1 Sedayu City Jarenta Sinaga.

"Acara ini bukan sekadar perayaan budaya, tetapi juga merupakan upaya kami untuk memperkuat tali persaudaraan antar komunitas serta memperkenalkan budaya Tionghoa kepada masyarakat luas. Melalui berbagai kegiatan yang kami sajikan, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan bermakna bagi para pengunjung, sekaligus mendukung para pelaku UMKM lokal dalam mengembangkan usaha mereka," sambungnya.



Sebagai puncak acara Mooncake Festival, Old Shanghai menerbangkan balon Zeppelin yang membawa ratusan sticker harapan dari para pengunjung melalui program Flight To The Moon. Penerbangan balon Zepellin berlangsung pada Selasa, 17 September 2024 pukul 19.30 WIB disaksikan para pengunjung yang telah menuliskan harapan mereka.

Para pengunjung Old Shanghai dapat menikmati berbagai agenda acara sepanjang Mooncake Festival, seperti: Wayang Hokkian, Tari Wayang Jekdong Performance, Wushu Kids Performance, Pelepasan Balon Zeppelin, Lomba Menghias Lampion, Demo Membuat Mooncake, Lomba Fashion Show, Barongsai Performance, dan Magician Show.

Berlokasi di Sedayu City Kelapa Gading, Old Shanghai mengurasi lebih dari 80 tenant (F&B dan non F&B) di mana 70%-nya merupakan tenant HALAL dan menjadi lokasi wisata kuliner dengan sajian mulai ala kaki lima, Peranakan, hingga restoran ternama legendaris, sehingga sangat cocok untuk bersantai bersama teman dan keluarga.

K3 Mart, Bulgogi Yaa, PIN Grocery, Amazon, Quinn Kitchen, Laota Ge Express, Teh Kotjok adalah beberapa dari puluhan tenant lainnya yang ada di Old Shanghai. Pengunjung juga bisa menikmati potongan diskon atau harga-harga spesial yang diberikan khusus selama bulan September ini dari tenant-tenant Old Shanghai.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)