Langkah untuk Menjaga Atap Dak Beton Bangunan Tidak Bocor

Rabu, 25 September 2024 - 10:45 WIB
loading...
Langkah untuk Menjaga...
Dak beton adalah struktur atap yang terbuat dari material beton yang sering kali digunakan dalam konstruksi bangunan. Foto/Dok Propan
A A A
JAKARTA - Dak beton adalah struktur atap yang terbuat dari material beton yang sering kali digunakan dalam konstruksi bangunan, baik bangunan industri, perumahan, maupun bangunan komersial. Dak beton kerap dipilih sebagai material atap pada bangunan karena memiliki kekuatan serta daya tahan yang lebih baik pada atap.

Pada bangunan, atap menjadi bagian yang paling rentan terhadap bocor, apalagi saat musim hujan. Rembesan air dari dak beton yang mengenai tembok akan mempengaruhi daya tahan tembok sehingga lebih rapuh dan mengurangi keindahan tampilannya. Oleh karena itu, perlu ada pencegahan terhadap kebocoran pada dak beton.

Ultraflex Membrane UFM-930 hadir sebagai solusi terbaik untuk mencegah dan mengatasi kebocoran pada dak beton.

Ultraflex Membrane UFM-930 adalah pelapis antibocor kedap air 1 komponen yang berbahan dasar Modified Polyurethane Acrilic Waterbased, yang melindungi atap dak beton dari air hujan, kebocoran dan sinar matahari. Ultraflex Membrane UFM-930 bisa menjadi solusi terbaik karena memiliki sistem waterproofing yang sangat fleksibel dan mempunyai tensile strength yang tinggi, yang disebut PU Liquid Waterproofing Membrane.

Ultraflex Membrane UFM-930 memiliki beberapa keunggulan, di antaranya berbahan dasar Modified Polyurethane Acrilic Waterbased sehingga tidak berbau, mudah diaplikasikan dengan kuas dan roll, fleksibel sehingga mampu menutup keretakan, tahan terekspos sinar matahari langsung, tahan genangan air, cepat kering sehingga menghemat waktu pengerjaan, daya serap air rendah menjadikannya tidak mudah bocor, daya ulur tinggi (tahan muai susut karena cuaca), serta dapat menjembatani retak.

“Ultraflex Membrane UFM-930 adalah produk inovasi Propan yang paling cocok untuk dak beton, ekonomis, dan efisien, serta dapat memberikan perlindungan selama 5 tahun. Selain dak beton, Ultraflex Membrane UFM-930 kami rekomendasikan untuk penggunaan pada nok atap genteng, atap asbes, dan balkon,” kata Ardi Okta, Product Marketing Manager Propan Raya.

Ultraflex Membrane UFM-930 dapat diaplikasikan dengan mudah melalui beberapa tahapan aplikasi. Tahapan pertama yaitu campurkan 250 gr cat dengan 250 gr air bersih, kemudian diaduk rata. Selanjutnya aplikasikan ke substrat dengan kuas atau rol secara menyilang. Tunggu lebih kurang 1 jam sebelum melakukan tahap aplikasi selanjutnya.

Setelah 1 jam, aplikasikan UFM 930 menggunakan kuas/roller dengan arah saling menyilang ke seluruh permukaan dengan sebaran 0,75 kg/m2 hingga merata. Kemudian segera bentangkan satu lapis fiber nett dan biarkan sampai permukaan kering sekitar 2-3 jam, lalu aplikasikan UFM-930 seperti tahap kedua tanpa menggunakan fiber nett dan biarkan sampai permukaan kering sekitar 2-3 jam.

Tahap terakhir yaitu aplikasikan UFM-930 seperti tahap kedua tanpa menggunakan fiber nett dengan sebaran 0,75 kg/m2 dan biarkan kering sekitar 24 jam total tebal lapisan film kurang lebih 1,2 mm (2,5 kg/m2).
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)