10 Cara Mencegah Nyamuk di Rumah saat Mulai Memasuki Musim Hujan

Kamis, 26 September 2024 - 19:20 WIB
loading...
10 Cara Mencegah Nyamuk...
Cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan penting untuk diketahui. Foto/ cabi.org
A A A
JAKARTA - Cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan penting sekali untuk diketahui banyak orang agar tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Nyamuk senang dengan musim hujan dikarenakan saat hujan kelembaban udara meningkat, hal ini menciptakan lingkungan nyaman untuk nyamuk bertahan hidup. Beberapa wilayah di Indonesia kini telah mulai memasuki hujan.



Jadi, pastikan tidak ada faktor yang menyebabkan nyamuk betah di rumah Anda, karena selain sangat mengganggu, nyamuk juga dapat membahayakan kesehatan.

Cara mencegah nyamuk di rumah saat mulai memasuki musim hujan

1. Buang Sampah secara Rutin
Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan yang pertama adalah buang sampah secara rutin. Hal ini penting dilakukan karena jika terdapat sampah yang menumpuk di rumah akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Karena nyamuk senang dengan sampah yang kotor dan bau. Oleh sebab itu pentingnya buang sampah secara rutin agar tidak ada sampah yang menumpuk di rumah.

2. Pastikan Tidak Ada Genangan Air
Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selain buang sampah yang rutin adalah pastikan tidak ada genangan air di lingkungan rumah seperti di dalam wadah air yang sudah penuh untuk menampung bocor di rumah seperti di kamar atau dapur. Jika air sudah penuh maka segeralah buang. Hal ini dilakukan agar tidak ada tempat untuk nyamuk berkembang biak. Oleh sebab itu penting untuk memastikan tidak ada genangan air di dalam rumah.

3. Menjaga Kebersihan Rumah
Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah menjaga kebersihan rumah. Pastikan semua sudut rumah bersih dan tidak ada debu yang menumpuk. Jika ada debu atau kotoran maka segeralah untuk membersihkannya agar tidak menjadi sarang nyamuk. Nyamuk senang sekali di lokasi-lokasi yang kotor atau berdebu. Jika ada bagian di rumah yang kotor maka segeralah cek apakah sudah ada nyamuk yang bersembunyi. Oleh sebab itu selalu perhatikan kebersihan rumah jangan sampai debu menumpuk di rumah Anda.

4. Tutup Pintu dan Jendela Jelang Sore
Cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan selanjutnya adalah menutup setiap pintu dan jendela di rumah tidak terlalu sore. Di pagi hari pastinya kita membuka pintu dan jendela agar ada pertukaran udara yang masuk ke dalam rumah.

Namun, jika sudah sore nyamuk mulai banyak yang berdatangan dan masuk ke rumah dikarenakan nyamuk aktif saat sore dan malam hari. Nyamuk ingin mencari sumber makanannya yaitu darah dari manusia. Dan akibatnya jika terlalu sore menutup pintu dan jendela maka nyamuk dengan mudahnya dapat masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu pastikan jangan terlalu sore untuk menutup setiap pintu dan jendela di rumah agar tidak ada nyamuk yang masuk.

5. Meletakkan Kulit Jeruk di Rumah
Selain tidak menutup pintu dan jendela terlalu sore, cara mencegah nyamuk di rumah saat memasuki musim hujan dapat dengan meletakkan kulit jeruk di rumah. Ternyata masih ada beberapa orang yang belum tahu cara ini. Kulit jeruk dapat dijadikan bahan untuk mengusir nyamuk karena jeruk mengandung zat limonene yang beracun bagi nyamuk.

Tidak hanya bagi nyamuk, ternyata kulit jeruk juga ampuh mengusir lalat dan serangga lainnya. Oleh sebab itu cobalah untuk meletakkan kulit jeruk di rumah. Caranya dengan cara cari wadah apapun lalu letakkan kulit jeruk di wadah tersebut dan letakkan wadah tersebut yang berisi jeruk di sudut rumah yang sering jadi sarang nyamuk.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)