Baparekraf Developer Day 2024 Siapkan SDM Unggul untuk Era Ekonomi Digital

Senin, 07 Oktober 2024 - 19:50 WIB
loading...
Baparekraf Developer...
Menparekraf Sandiaga mengapresiasi pelaksanaan Baparekraf Developer Day 2024 untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang ekonomi digital. Foto/dok Kemenparekraf
A A A
YOGYAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pelaksanaan Baparekraf Developer Day (BDD) 2024 sebagai langkah penting untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang ekonomi digital.

Baparekraf Developer Day 2024 sukses digelar di Ballroom Hotel Tentrem Yogyakarta, Jawa Tengah pada Minggu, 6 Oktober 2024. Menurut Sandiaga, Indonesia mengalami kekurangan sembilan juta talenta digital, seperti dilaporkan oleh Bank Dunia.

Oleh karenanya, Sandiaga berharap, Baparekraf Developer Day 2024 dapat membantu mengisi kekurangan tersebut. Terutama dengan adanya 1.100 peserta yang turut hadir di acara ini.

"Menurut laporan Bank Dunia, kita kekurangan digital talenta, yaitu sembilan juta talenta digital. Hari ini ada 1.100 peserta, tentunya kita berharap mengisi sembilan juta talenta gap ini," kata Sandiaga.



Indonesia saat ini berada di masa bonus demografi dengan sekitar 90 juta warga usia produktif, yang akan berakhir pada 2040. Sandiaga menekankan pentingnya memanfaatkan bonus demografi ini dengan memperkuat talenta digital untuk menghadapi masa depan.

"Namun, bonus demografi kita akan berakhir di tahun 2040, hanya 15 tahun lagi kurang lebih. Bonus demografi ini harus kita isi dengan talenta yang tadi," jelasnya.

Selain itu, Indonesia memiliki 280 juta unit telepon seluler aktif. Jumlah ini lebih banyak dari jumlah penduduknya, yang dapat digunakan untuk meningkatkan nilai tambah ekonomi.

"Ini adalah wadah bagi para developer untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Kita pastikan mereka bisa punya jembatan emas menuju Indonesia 2045," ujarnya.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1457 seconds (0.1#10.140)