Apa Itu Clean Eating dan Real Food? Jauh Lebih Sehat dari Makanan Lain

Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:20 WIB
loading...
Apa Itu Clean Eating...
Istilah Clean Eating dan Real Food bukan hal baru. Tapi, masih banyak yang belum tahu bedanya. Foto/ schn.org.
A A A
JAKARTA –Istilah Clean Eating dan Real Food bukan hal baru. Dua istilah ini sering digunakan dalam dunia kesehatan dan nutrisi. Meskipun keduanya terdengar serupa, sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup signifikan.

Apa Itu Clean Eating?

Clean eating adalah pendekatan gaya hidup yang fokus pada konsumsi makanan segar, tidak diproses, dan minim bahan kimia atau istilah lainnya makanan yang bersih, di mana makanan tersebut dibuat dalam keadaan utuh dan bebas dari 4P, yaitu bebas penyedap, bebas pengawet, bebas penyedap rasa, bebas pewarna.

Baca Juga: 10 Tips Diet ala Idol K-Pop, Rahasia Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Konsep ini menekankan pada pemilihan bahan makanan berkualitas tinggi, menghindari makanan olahan dan kemasan, serta memperhatikan cara memasak.

Dengan mengonsumsi makanan utuh, kita tidak hanya memberi tubuh nutrisi yang lengkap, juga melakukan 'detoksifikasi' informasi pada makanan olahan. Kita jadi lebih sadar akan apa yang kita konsumsi, dari mana asalnya dan bagaimana prosesnya.

Apa Itu Real Food?

Real Food adalah konsep yang lebih luas daripada clean eating, yang menekankan pada konsumsi makanan yang berasal dari alam dan tidak diproses secara berlebihan. Real food mencakup semua makanan yang dapat dikonsumsi tanpa perlu diproses atau diubah bentuknya.

Makanan ini biasanya mengandung bahan-bahan yang tidak mengalami banyak perubahan atau tambahan zat kimia selama proses produksi atau pengolahannya.

Contoh Real Food

1. Buah-buahan
2. Sayuran segar
3. Daging segar
4. Susu segar
5. Biji-bijian utuh
6. Kacang-kacangan
7. Minyak nabati alami
8. Bahan-bahan sederhana untuk memasak seperti rempah-rempah, lada, dan garam

Kenapa Real Food Dan Clean Eating Jauh Lebih Sehat dari Makanan Lain?

Dalam makanan Real Food dan Clean Eating terkandung banyak nutrisi dan serat yang lebih baik dibandingkan dengan makanan Ultra Proses Food atau makanan yang diproses secara berlebihan.

Konsumsi Real Food dan Clean Eating ini sangat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh, memberikan energi yang berkelanjutan dan membantu kamu dalam manajemen berat badan kamu, serta mendukung pola makan yang seimbang dan bervariasi.

Apa Beda Real Food Dan Clean Eating?

Real food itu lebih fokus pada asal-usul makanan dan tingkat pengolahannya. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, daging segar, dan lainnya. Kamu juga bisa tahu apa saja bahan makanan dalam makanan yang kamu konsumsi.



Sedangkan Clean Eating itu lebih fokus pada kualitas bahan makanan dan cara memasak, seperti lebih memilih makanan yang tidak menggunakan tepung, gula dan minyak.

Namun, kedua cara ini sama-sama dapat membuat hidup kamu jauh lebih sehat. Karena dengan cara tersebut kamu jadi tau kandungan yang terdapat di dalam makanan kamu dan kamu bisa mengontrol langsung asupan makananmu sendiri.

MG/ Luh Felicia Sawetri
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)