7 Pemanis Alami Pengganti Gula yang Sehat, Cocok untuk Diet dan Penderita Diabetes

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 18:00 WIB
loading...
A A A

4. Gula Kelapa


Gula kelapa dibuat dari getah bunga kelapa dan memiliki rasa manis yang mirip dengan gula tebu, tetapi dengan indeks glikemik yang lebih rendah. Gula kelapa juga mengandung sedikit nutrisi, seperti zat besi, seng, kalsium, dan kalium, yang membuatnya lebih bergizi dibandingkan gula biasa.

5. Buah Biksu (Monk Fruit)


Pemanis dari buah biksu, juga dikenal sebagai Luo Han Guo, merupakan alternatif yang semakin populer. Buah ini mengandung senyawa yang disebut mogrosida yang memberikan rasa manis tanpa kalori. Seperti stevia, pemanis dari buah biksu juga tidak mempengaruhi kadar gula darah, sehingga aman bagi penderita diabetes.

6. Sirup Agave


Sirup agave diekstrak dari tanaman agave dan memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur mirip madu. Sirup ini memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding gula biasa, namun penggunaannya harus tetap dibatasi karena mengandung fruktosa yang tinggi. Meskipun sering dipasarkan sebagai pemanis sehat, penggunaannya secara berlebihan tidak dianjurkan.



7. Molase


Molase adalah produk sampingan dari proses pembuatan gula tebu atau gula bit. Molase mengandung sejumlah mineral seperti zat besi, magnesium, dan kalsium, serta antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan pemanis lainnya. Rasanya lebih kuat dan sedikit pahit dibanding gula biasa, sehingga lebih sering digunakan untuk memanggang atau memasak makanan tertentu.
(dra)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)