Sebuah Lukisan Berharga Sangat Mahal? Ternyata Ini Faktornya

Minggu, 30 Agustus 2020 - 18:29 WIB
loading...
Sebuah Lukisan Berharga Sangat Mahal? Ternyata Ini Faktornya
Lukisan Portrait Of Adele Bloch-Bauer I karya Gustav Klimt yang dibuat pada 1907 merupakan salah satu lukisan termahal di dunia. Pada Juni 2006 harganya mencapau USD158,5 juta. Foto/Istimewa
A A A
HARGA sebuah lukisan sering kali mencapai triliunan rupiah. Publik pun sering kali bertanya-tanya apa yang membuat sebuah lukisan terjual dengan harga yang sulit dipercaya. (Baca juga: Lukisan Terkenal Karya Maestro Dunia)

Ternyata banyak faktor yang menentukan harga sebuah lukisan. Apa saja itu? Berikut ulasannya. (Baca juga: Lukisan Termahal Laku Rp3,8 Triliun)

1. Latar belakang si seniman
Hal inilah terkadang yang paling mempengaruhi nilai jual sebuah karya seni. (Baca juga: Lucy Liu, Aktris Pelukis dan Fotografer)

2. Berapa banyak si seniman menghabiskan uang untuk alat dan bahan
Material murah, jangan harap bisa mendapatkan kepercayaan si pembeli untuk membayar dengan harga tinggi dan sebaliknya.

3. Pertimbangan durasi pengerjaan suatu karya seni.
Ini juga berlaku untuk seberapa tua karya seni tersebut. Tua, bermakna, dan punya cerita. (Lihat foto: Kreasi Seni Lukis Mural Hiasi Sembilan Kawasan di Bandung)

4. Umur lukisan
Ini juga menjadi faktor yang menentukan nilai dan harga sebuah lukisan. Semakin tua usia sebuah lukisan, biasanya lebih bernilai di mata para kolektor lukisan. (Lihat grafis: 8 Lukisan Termahal Para Maestro Pelukis Indonesia)

5. Kualitas lukisan
Mungkin ini merupakan faktor terakhir yang menentukan nilai dan harga sebuah lukisan. Walau tidak bisa dipungkiri, untuk menjadi maestro seni lukis, anda tentu harus bisa menghasilkan lukisan yang berkualitas.

6. Riwayat akuisisi lukisan
Riwayat siapa saja yang pernah mengakuisisi (membeli) sebuah lukisan juga akan memengaruhi harga jual lukisan.Siapa yang mengoleksi sebelumnya. Sebuah lukisan yang pernah dikoleksi Bung Karno dipastikan harganya akan tinggi.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)