3 Tips Minum Kopi untuk Penderita Gerd, Cegah Asam Lambung Naik
Minggu, 13 Oktober 2024 - 22:22 WIB
loading...
Kopi yang mengandung kafein diyakini dapat memicu GERD, sehingga sering dihindari para penderitanya. Foto Ilustrasi/iStock
A
A
A
JAKARTA - Tren minum kopi hitam atau americano tengah ramai dilakukan saat diet. Americano diketahui bisa membantu proses penurunan berat badan dan cocok untuk program diet.
Namun, banyak masyarakat khawatir dengan kondisi GERD yang dialami. Kopi yang mengandung kafein diyakini dapat memicu GERD, sehingga sering dihindari para penderitanya.
Melansir Mayo Clinic, Minggu (13/10/2024), penyakit refluks gastroesofageal atau GERD adalah kondisi di mana asam lambung berulang kali mengalir kembali ke dalam saluran yang menghubungkan mulut dan lambung, yang disebut esofagus. Aliran balik ini dikenal sebagai refluks asam dan dapat mengiritasi lapisan esofagus.
Baca Juga: Perbedaan Antara Maag dan Gerd yang Sering Dianggap Sama
Dalam sebuah wawancara untuk jurnal Gastroenterology & HepatologyTrusted Source, Lauren B. Gerson, seorang profesor madya di Universitas Stanford, membahas dampak perubahan gaya hidup terhadap GERD dan mencatat bahwa tidak ada penelitian yang menentukan dampak menghindari kafein terhadap penyakit tersebut.
Namun, banyak masyarakat khawatir dengan kondisi GERD yang dialami. Kopi yang mengandung kafein diyakini dapat memicu GERD, sehingga sering dihindari para penderitanya.
Melansir Mayo Clinic, Minggu (13/10/2024), penyakit refluks gastroesofageal atau GERD adalah kondisi di mana asam lambung berulang kali mengalir kembali ke dalam saluran yang menghubungkan mulut dan lambung, yang disebut esofagus. Aliran balik ini dikenal sebagai refluks asam dan dapat mengiritasi lapisan esofagus.
Baca Juga: Perbedaan Antara Maag dan Gerd yang Sering Dianggap Sama
Dalam sebuah wawancara untuk jurnal Gastroenterology & HepatologyTrusted Source, Lauren B. Gerson, seorang profesor madya di Universitas Stanford, membahas dampak perubahan gaya hidup terhadap GERD dan mencatat bahwa tidak ada penelitian yang menentukan dampak menghindari kafein terhadap penyakit tersebut.
Lihat Juga :