10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Senin, 14 Oktober 2024 - 05:00 WIB
loading...
10 Tempat Wisata Hidden...
Beberapa tempat wisata di Jogja menawarkan keindahan alam yang belum terjamah banyak tangan manusia. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Beberapa tempat wisata di Jogja menawarkan keindahan alam yang belum terjamah banyak tangan manusia. Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba sesuatu yang baru dan unik untuk menambah pengalaman yang tak terlupakan.

Tempat wisata hidden gem ini dapat memberikan Anda suasana atau kondisi yang berbeda dari biasanya. Berikut 10 tempat wisata hidden gem di Yogyakarta, yang dirangkum dari berbagai sumber, Senin (14/10/2024).

Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja

1. Air Terjun Kedung Kandang

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Tempat wisata pertama yang Anda patut kunjungi yakni air terjun kedung kandang. Tempat ini terletak tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan Desa Jatimulyo. Air Terjun Kedung Kandang menawarkan pesona alam yang masih sangat alami.



Ketika berkunjung ke tempat wisata ini, Anda akan disuguhi pemandangan menakjubkan berupa tiga tingkatan air terjun yang menyatu dalam kolam alami berair jernih. Suara gemericik air yang berpadu dengan kicauan burung menciptakan simfoni alam yang menenangkan. Untuk mencapainya, Anda perlu melakukan trekking ringan melalui jalan setapak yang dikelilingi vegetasi lebat, menambah sensasi petualangan.

Lokasi: Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Tebing Breksi

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berada di Grand Canyon, tak perlu lagi ke luar negeri. Karena Jogja juga memiliki tempat wisata yang serupa. Anda hanya perlu mengunjugi tempat wisata bernama Tebing Breksi.

Tempat wisata ini berjuluk Grand Canyon-nya Yogyakarta. Tebing Breksi merupakan bukti nyata bahwa keindahan bisa lahir dari aktivitas manusia. Bekas tambang batu kapur ini telah disulap menjadi destinasi wisata yang memukau berkat kreativitas seniman lokal dan dukungan masyarakat setempat. Tebing setinggi 30 meter ini dihiasi relief unik hasil pahatan alam dan tangan terampil manusia, menciptakan lanskap yang tampak seperti lukisan raksasa.

Anda dapat menaiki anak tangga untuk mencapai puncak tebing dan menikmati panorama menakjubkan Candi Prambanan dan Gunung Merapi di kejauhan. Amphitheater alami di kaki tebing sering menjadi venue pertunjukan seni, menambah daya tarik lokasi ini.

Lokasi: Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Goa Jomblang

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Raff Transport

Bagi yang ingin merasakan petualangan yang mendebarkan, Anda wajib mengunjungi Goa Jomblang. Goa sedalam 60 meter ini menawarkan pengalaman unik dan menantang adrenalin.

Anda dapat melakukan perjalanan dimulai dengan turun menggunakan teknik single rope, diiringi detak jantung yang berpacu dan pemandangan dinding gua yang menakjubkan. Namun, sensasi ini hanyalah pembuka dari keajaiban sesungguhnya. Tepat di dasar goa, pengunjung akan disapa oleh fenomena alam yang dijuluki cahaya surga.

Sinar matahari yang menerobos melalui celah goa menciptakan berkas cahaya dramatis yang menerangi dasar goa, menghadirkan pemandangan magis yang seolah keluar dari dongeng.

Alamat: Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.


4. Bukit Panguk Kediwung

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Bukit Panguk Kediwung terletak di ketinggian perbukitan Menoreh. Bukit ini menawarkan pengalaman menyaksikan keajaiban alam yang memukau. Di pagi hari, Anda akan disuguhi panorama menakjubkan berupa lautan awan yang membentang sejauh mata memandang, diwarnai oleh semburat keemasan matahari terbit.

Selain keindahan pagi, Bukit Panguk juga menyuguhka pesona senja yang tak kalah mempesona dengan gradasi warna langit yang memukau.

Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Pantai Nglambor

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

iStock

Pantai Nglambor menjadi surga tersembunyi bagi pecinta snorkeling dan keindahan bawah laut. Pantai ini berbeda dengan pantai lain di Gunungkidul yang terkenal dengan ombaknya yang besar, karena Pantai Nglambor memiliki laguna alami yang terlindung dari ombak besar, menciptakan kolam air laut yang tenang dan jernih.

Kejernihannya memungkinkan Anda untuk melihat keindahan bawah laut tanpa perlu menyelam terlalu dalam. Terumbu karang yang masih terjaga dan beragam jenis ikan warna-warni menjadi atraksi utama bagi para snorkeler. Kombinasi pasir putih, air biru jernih, dan pemandangan laut lepas seakan menciptakan panorama pantai tropis yang memesona dan menjadikan Pantai Nglambor sebagai salah satu hidden gem terbaik di Yogyakarta.

Alamat: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

6. Embung Nglanggeran

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Embung Nglanggeran merupakan danau buatan yang dikelilingi perbukitan hijau sehingga menciptakan pemandangan menakjubkan, terutama saat senja ketika air danau memantulkan warna-warni langit sore. Embung ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber irigasi bagi pertanian sekitar, tetapi juga telah bertransformasi menjadi destinasi wisata yang mempesona.

Anda dapat menikmati suasana tenang dengan bersantai di tepian danau, menyewa perahu kayuh untuk mengelilingi embung, atau sekadar menikmati embusan angin sejuk sambil memandangi aktivitas nelayan tradisional. Kehadiran warung-warung kecil yang menjajakan makanan dan minuman lokal menambah kenyamanan berwisata.

Alamat: Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

7. Desa Wisata Pentingsari

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Dispar DIY

Desa Wisata Pentingsari terletak di kaki Gunung Merapi. Tempat wisata ini menawarkan pengalaman unik untuk merasakan kehidupan pedesaan Jawa yang autentik.

Desa ini juga berhasil memadukan kearifan lokal dengan konsep ekowisata modern, menciptakan destinasi yang edukatif sekaligus menghibur. Anda dapat berinteraksi langsung dengan penduduk lokal, belajar tentang budaya Jawa, dan ikut serta dalam berbagai aktivitas tradisional seperti membatik, membuat jamu, atau belajar gamelan.

Tak hanya itu, keindahan alam pegunungan yang masih asri menjadi latar belakang menjadi sempurna untuk kegiatan outdoor seperti trekking atau bersepeda.

Anda memiliki berkesempatan untuk menginap di rumah penduduk dan merasakan langsung kehangatan hospitalitas Jawa. Desa Wisata Pentingsari bukan hanya menjadi contoh sukses pengembangan wisata berbasis masyarakat, tetapi juga menjadi wadah pelestarian budaya dan pemberdayaan ekonomi lokal.

Alamat: Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.


8. Goa Pindul

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Goa Pindul berlokasi tersembunyi di balik perbukitan karst Gunungkidul. Goa ini menawarkan petualangan seru berupa cave tubing yang tak terlupakan. Anda akan menyusuri aliran sungai bawah tanah sepanjang 300 meter menggunakan ban karet, ditemani cahaya temaram dari lampu kepala.

Sepanjang perjalanan, mata akan dimanjakan oleh keindahan stalaktit dan stalagmit yang terbentuk selama ribuan tahun, menciptakan formasi unik yang memukau. Sensasi mengapung dalam kegelapan goa, sesekali diiringi suara riak air dan tetesan dari langit-langit gua dapat menghadirkan pengalaman yang memadukan ketegangan dan kekaguman akan keindahan alam..

Alamat: Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

9. Hutan Pinus Pengger

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Hutan Pinus Pengger berlokasi di perbukitan Dlingo. Hutan ini menyuguhkan kesejukan dan ketenangan di tengah rimbunnya pepohonan pinus. Udara segar khas pegunungan dan aroma pinus yang menyegarkan menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat dari hiruk-pikuk kota.

Hutan ini memiliki keunikan yakni adanya berbagai instalasi seni dan spot foto kreatif yang tersebar di seluruh area mulai dari jembatan kayu yang melengkung di antara pepohonan hingga ayunan raksasa yang menghadap ke lembah, yang setiap sudutnya seolah dirancang untuk menghasilkan foto-foto instagramable.

Anda dapat menikmati piknik di bawah naungan pohon pinus, melakukan trekking ringan menyusuri jalan setapak, atau sekadar duduk santai menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau.

Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

10. Bukit Paralayang Watugupit

10 Tempat Wisata Hidden Gem di Jogja, Rekomendasi untuk Pemburu Destinasi Unik

Shutterstock

Bukit Paralayang Watugupit berlokasi di atas perbukitan Gunungkidul. Bukit ini menawarkan pengalaman wisata yang mendebarkan sekaligus memukau. Bagi Anda pecinta adrenalin, tempat ini menjadi surga untuk menikmati sensasi terbang bebas dengan paralayang.

Anda dapat merasakan melayang di atas lanskap perbukitan dan laut selatan yang menakjubkan. Namun, tidak perlu khawatir, bagi Anda yang tidak ingin terbang, dapat menikmati pemandangan spektakuler Kota Yogyakarta dan hamparan perbukitan hijau dari atas bukit.

Saat senja, bukit ini menjadi lokasi favorit untuk menyaksikan matahari terbenam dan menciptakan panorama magis dengan gradasi warna langit yang mempesona, terpantul di permukaan laut di kejauhan.

Lokasi: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Demikian ulasan mengenai 10 tempat wisata hidden gem di Yogyakarta. Semoga ulasan ini menjadi referensi bagi Anda yang ingin mengunjunginya. MG/Bramcov Stivens Situmeang
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1586 seconds (0.1#10.140)