Asam Urat Kurang Vitamin Apa? Jangan Asal Konsumsi

Minggu, 27 Oktober 2024 - 07:00 WIB
loading...
Asam Urat Kurang Vitamin...
Kurang vitamin dipercaya bisa menyebabkan asam urat, jenis radang sendi sistemik yang ditandai dengan periode nyeri yang kambuh diikuti oleh remisi. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Kurang vitamin dipercaya bisa menyebabkan asam urat, jenis radang sendi sistemik yang ditandai dengan periode nyeri yang kambuh diikuti oleh remisi. Lantas asam urat kurang vitamin apa?

Kekurangan nutrisi tidak menyebabkan asam urat , tetapi orang dengan asam urat sering mengalaminya. Penelitian menunjukkan bahwa menambahkan suplemen seperti metilsulfonilmetana (MSM), asam folat, dan vitamin C, D, dan B12 dalam makanan dapat membantu mengendalikan kadar asam urat tinggi.

Dilansir dari Verry Well Health, Minggu (27/10/2024), ini terutama berlaku bagi orang-orang yang kekurangan zat gizi tersebut dalam makanan mereka

Akan tetapi, sementara beberapa suplemen dapat memperbaiki gejala asam urat, suplemen lain dapat memperburuk gejala. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efek suplemen terhadap asam urat.



Asam Urat Kurang Vitamin Apa? Jangan Asal Konsumsi

Foto/Infografis SINDOnews

Nutrisi memainkan peranan krusial dalam perkembangan dan penanganan asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang seimbang secara keseluruhan dapat mengurangi risiko asam urat.

Nutrisi tertentu, seperti vitamin, mineral, serat , dan lemak tak jenuh, sangat dianjurkan untuk pencegahan asam urat. Namun, pola makan yang tinggi dapat meningkatkan risiko terkena asam urat atau memperburuk gejala asam urat.

Purin adalah zat yang ditemukan secara alami dalam tubuh dan dalam makanan tertentu. Di dalam tubuh, purin dipecah menjadi asam urat, yang dapat menyebabkan asam urat jika kadarnya menjadi terlalu tinggi purin.

Meskipun pola makan yang kaya purin tidak selalu menyebabkan asam urat, namun hal itu meningkatkan risikonya. Purin banyak terdapat pada daging merah, jeroan, dan jenis makanan laut tertentu.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)