Chadwick Boseman Alami Kanker Usus, Ini 13 Faktor Penyebabnya

Sabtu, 29 Agustus 2020 - 14:39 WIB
loading...
Chadwick Boseman Alami Kanker Usus, Ini 13 Faktor Penyebabnya
Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman meninggal dunia, setelah berjuang 4 tahun melawan kanker usus. Mengenai penyakit ini, ada faktor yang memengaruhinya. Foto/Istimewa.
A A A
Pemeran Black Panther, Chadwick Boseman meninggal dunia, setelah berjuang selama 4 tahun melawan kanker usus. Mengenai penyakit ini, dokter tidak yakin apa yang menyebabkan sebagian besar kanker usus besar. Tapi, secara umum, kanker usus besar dimulai ketika sel-sel sehat di usus besar mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi serangkaian instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Sel-sel sehat tumbuh dan membelah secara teratur agar tubuh Anda tetap berfungsi normal. Tetapi ketika DNA sel rusak dan menjadi kanker , sel terus membelah - bahkan ketika sel baru tidak diperlukan. Saat sel menumpuk, mereka membentuk tumor.

Seiring waktu, sel kanker dapat tumbuh menyerang dan menghancurkan jaringan normal di sekitarnya. Dan sel kanker dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari tubuh untuk membentuk endapan di sana (metastasis). Seperti dilansir Mayoclinic, ada beberapa factor yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Berikut ulasannya.

1. Usia yang lebih tua
Kanker usus besar dapat didiagnosis pada semua usia, tetapi mayoritas orang dengan kanker usus besar berusia lebih dari 50 tahun. Tingkat kanker usus besar pada orang yang lebih muda dari 50 telah meningkat, tetapi dokter tidak yakin alasannya.

2. Ras Afrika-Amerika
Orang Afrika-Amerika memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus besar daripada orang dari ras lain. (Baca juga: Mengenal Kanker Usus Seperti yang Dialami Chadwick Boseman ).

3. Riwayat pribadi kanker kolorektal atau polip
Jika Anda pernah menderita kanker usus besar atau polip usus besar non-kanker, Anda memiliki risiko lebih besar terkena kanker usus besar di masa mendatang.

4. Kondisi radang usus
Penyakit inflamasi kronis pada usus besar, seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn, dapat meningkatkan risiko kanker usus besar.

5. Sindrom turunan yang meningkatkan risiko kanker usus besar
Beberapa mutasi gen yang diturunkan dari generasi ke generasi dapat meningkatkan risiko kanker usus besar secara signifikan. Hanya sebagian kecil dari kanker usus besar yang terkait dengan gen yang diturunkan. Sindrom bawaan paling umum yang meningkatkan risiko kanker usus besar adalah poliposis adenomatosa familial (FAP) dan sindrom Lynch, yang juga dikenal sebagai kanker kolorektal nonpolyposis herediter (HNPCC).

6. Riwayat keluarga kanker usus besar
Anda lebih mungkin mengembangkan kanker usus besar jika Anda memiliki saudara sedarah yang menderita penyakit ini. Jika lebih dari satu anggota keluarga menderita kanker usus besar atau kanker rektal, risikonya bahkan lebih besar.

7. Diet rendah serat, tinggi lemak
Kanker usus besar dan kanker rektal dapat dikaitkan dengan pola makan khas Barat, yang rendah serat dan tinggi lemak dan kalori. Penelitian di bidang ini memberikan hasil yang beragam. Beberapa penelitian menemukan peningkatan risiko kanker usus besar pada orang yang mengonsumsi makanan tinggi daging merah dan daging olahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0859 seconds (0.1#10.140)