Polemik Kata Anjay, Begini Respons Dua Pesohor Tanah Air

Senin, 31 Agustus 2020 - 20:40 WIB
loading...
Polemik Kata Anjay, Begini Respons Dua Pesohor Tanah Air
Penggunaan kata anjay menjadi pembicaraan hangat di dunia maya, bahkan kata tersebut sempat menjadi trending topic di Twitter. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Di dunia maya tengah hangat perbincangan terkait pelarangan penggunaan kata "anjay". Bahkan, istilah prokem tersebut sempat menjadi trending topic dan meme-nya berseliweran di media sosial Twitter .

(Baca juga: Tak Mudah Melawan Kanker Paru, Akses Pengobatan Pengaruhi Penderita )

Salah satu selebritas yang menyidir pelarangan penggunaan kata anjay itu adalah komedian Bintang Emon. Dalam sebuah video satir yang diunggahnya di akun Twitternya, Bintang Emon dikisahkan terlibat masalah saat sedang siaran langsung di media sosial.

"Anjay doang, ngomong anjay. Enggak ada (ngatain), anjay, anak Jakarta yoman reggae," ucap Bintang Emon pada bagian akhir video singkatnya di @bintangemon.

Sejurus kemudian, dia pun diminta seseorang untuk pergi ke kantor polisi untuk kemudian diperiksa. Saat hendak pergi, Bintang Emon mengeluh dan mengatakan kata anjay, sehingga membuatnya kini terlibat dalam dua masalah berbeda. "Kena satu pasal lagi, ngomong anjay," kata suara yang terdengar dalam video tersebut.

Selain Bintang Emon, terdapat juga tokoh politik seperti Budiman Sudjatmiko yang ikut menyindir penggunaan kata anjay ini. "Anjaaay dipisah, laut dan pantai. Tak akan goyah..gelora cinta... Anjaaay dipisah api dan bara. Tak akan pudar sinaran cinta (Amy Search & Inka Christy)," kicau Budiman di akun Twitternya @budimandjatmiko, Senin (31/8).

Tak lama kemudian, politisi PDIP ini kembali mengunggah cuitan. "Setelah Anjay dilarang, yg segera terancam (karena kekerabatan kata & suaranya) adalah Anjiiis & Anjriiit..Meskipun kamu keterima di @ITBP_official, Unpad, Unpar, Unisba dll, jgn bahagia dulu. Bandung tanpa Anjiis & Anjriit adalah Bandung yg gak banget lah...," cuitnya lagi.

Saat ditanya apakah Budiman tidakkhawatir disemprit KPAI lantaran ikut-ikutan menggunakan kata anjay dalam cuitannya, anggota DPR ini menjawab singkat, "Silakan aja...".

(Baca juga: Adele Dikecam Gara-Gara Pakai Bikini dan Tata Rambut Khas Jamaika )

Sementara itu, polemik kata anjay ini berawal dari YouTuber, Lutfi Agizal yang mengadu ke Komnas Perlindungan Anak (Komnas PA) dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) soal kata anjay yang berpotensi merusak moral bangsa. KPAI lalu mengeluarkan surat edaran yang berisi imbauan agar orang-orang tidak lagi menggunakan kata anjay, terutama jika ditujukan kepada anak-anak. Kata anjay dianggap sebagai kata yang mengandung unsur kekerasan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2176 seconds (0.1#10.140)