Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi

Kamis, 03 September 2020 - 08:50 WIB
loading...
Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi
Tim juri Venice Film Festival yang diketuai aktris Cate Blancett berfoto bersama dalam pembukaan festival film tersebut, Rabu (2/9). Foto/Reuters/Yara Nardi
A A A
JAKARTA - Festival Film Venice digelar di tengah pandemi yang masih melanda dunia. Festival film tertua di dunia itu dibuka pada Rabu (2/9) di Venice Lido, Venisia, Italia, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah pesohor maupun tamu undangan lain yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan menerapkan physical distancing. Tak terkecuali para fotografer yang biasanya selalu menyewa kapal demi bisa memburu foto selebriti dunia lewat ajang tersebut, pada tahun ini harus mengabadikan momen pembukaan festival dari lokasi yang cukup berjarak. Termasuk saat memotret para bintang yang hadir di red carpet. ( )

Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi


Petugas keamanan selalu memeriksa suhu tubuh setiap tamu undangan yang hadir. Mereka juga tak memperbolehkan para fans yang menunggu di depan pintu masuk untuk berkerumun. Pihak penyelenggara festival beralasan, semua itu diterapkan demi menjaga keamanan dan keselamatan tiap orang yang ada di ajang ini.

Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi


Venice Film Festival menjadi festival film besar pertama yang menggelar ajang secara fisik selama masa pandemi ini. Sementara festival lain, seperti Festival Film Cannes, terpaksa dibatalkan atau digelar secara virtual.

Diketahui, pandemi COVID-19 telah memukul keras industri perfilman dunia. Terutama karena seluruh bioskop ditutup dan syuting film sempat dihentikan beberapa waktu lalu. Melalui festival film di Venisia ini, pihak penyelenggara berharap industri perfilman bisa kembali bangkit.

Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi


"Kami merasa bertanggung jawab sebagai penyelenggara festival film yang pertama. Kita tahu festival di Venisia ini akan menjadi semacam uji coba bagi semua orang," kata Direktur Venice Film Festival Alberto Barbera, seperti dikutip dari laman Fox News, Kamis (3/9).

“Kami berupaya menerapkan aturan keselamatan yang ketat untuk memastikan semua tamu yang hadir dalam festival ini aman hingga akhir acara. Dan, jika ini berhasil seperti yang kita harapkan, semua orang dapat belajar dari pengalaman kami," lanjut Barbera.

Di venue festival ini, sebuah dinding besar sengaja dipasang untuk memblokir pandangan warga dan menghindarkan mereka dari berdesak-desakan. Warga maupun peminat Venice Film Festival memang masih tampak berkerumun di sekitar area perhelatan. Selain ingin melihat langsung para pesohor yang hadir, mereka sebagian juga ada yang berniat membeli tiket agar bisa menonton film-film yang ditayangkan perdana dalam pembukaan Venice Film Festival. Sayang, untuk tahun ini, penyelenggara tak menyediakaan pembelian tikel fisik, melainkan harus dilakukan secara online.

Yang disayangkan pula, ternyata tak banyak artis Hollywood yang datang ke pembukaan festival film ini. Pasalnya, raksasa film dunia itu juga tidak mengirimkan banyak film untuk ikut dalam festival tersebut. ( )

Pesohor yang hadir pada pembukaan Venice Film Festival antara lain Matt Damon, Tilda Swinton, Cate Blancett, dan Taylor Hill. Festival film di Venisia ini direncanakan berlangsung 2-12 September 2020.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1897 seconds (0.1#10.140)