Mulan Akan Rilis di China 11 September 2020

Kamis, 03 September 2020 - 10:31 WIB
loading...
Mulan Akan Rilis di China 11 September 2020
Mulan seharusnya sudah tayang di bioskop China dan Amerika Utara pada Maret 2020. Foto/Disney
A A A
JAKARTA - Film terbaru Disney , "Mulan", akhirnya diputuskan rilis di China pada 11 September mendatang. Pengumuman perilisan itu terpampang melalui sebuah poster di akun media sosial resmi Weibo Studio yang diunggah kemarin (2/9).

Film arahan Niki Caro itu akan diputar di bioskop dalam format 2D, 3D, dan IMAX. Tanggal perilisan "Mulan" hanya berselang satu pekan dari rencana penayangan "Tenet" di Negeri Tirai Bambu pada 4 September besok. ( )

Menurut exhibitior di China itu, mereka menerima pemberitahuan tersebut kemarin dari distributor film milik negara, yaitu Film Corp. Meski demikian, perusahaan tiket online seperti Mtime dan Alibaba's Taopiaopiao belum memberikan konfirmasi tanggal yang dimaksud secara pasti.

Dikutip dari laman Variety pada Kamis (3/9), "Mulan" seharusnya sudah tayang di bioskop China dan Amerika Utara pada Maret 2020. Namun, perilisannya harus ditunda beberapa kali gara-gara pandemi COVID-19. Di Asia, Mulan akan tayang di bioskop di Singapura dan Thailand pada 4 September besok.

Sebuah teaser berbentuk poster yang dirilis sesaat setelah "Mulan" menerima persetujuan sensor namun tidak mencatumkan tanggal penayangannya, diejek secara luas oleh penggemar yang menggambarkannya sebagai film yang jelek. Poster baru itu menampilkan Crystal Liu Yifei sebagai putri pejuang Mulan yang menunggang kuda di depan tentara yang sedang menyerang, dan Liu untuk kedua kalinya, berada di antara bintang Tiongkok Donnie Yen dan Gong Li.

Bukan hanya poster "Mulan" yang menuai kontroversi. Beberapa aspek cerita serta penggambaran ulang karakter-karakter tertentu yang dicintai dalam film itu juga membuat penggemar jengkel.

Pada musim panas tahun lalu, Liu juga sempat menarik perhatian ketika dia mengunggah pesan di media sosial yang mendukung polisi Hong Kong dalam menindak pengunjuk rasa prodemokrasi di Hong Kong. Sikap Liu sangat selaras dengan politik Tiongkok daratan, tapi di luar negeri dianggap sebagai pengkhianatan terhadap Mulan sebagai karakter yang berjiwa independen.

Reaksi sangat kuat terjadi di Hong Kong, Thailand, dan Korea Selatan, di mana para demonstran berkumpul di luar kantor distribusi Disney di Seoul. ( )

Bioskop di China sudah dibuka kembali pada 20 Juli 2020 dengan batasan jumlah tempat duduk, yang bertujuan mencegah penularan virus corona. Kapasitas tempat duduk hanya boleh diisi sebanyak 50%.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2161 seconds (0.1#10.140)