Cegah Corona, 200 Jurnalis dan Budayawan di Surabaya Ikuti Rapid Test

Kamis, 03 September 2020 - 20:30 WIB
loading...
Cegah Corona, 200 Jurnalis dan Budayawan di Surabaya Ikuti Rapid Test
Siloam Hospitals Surabaya bersama Kantor Staf Presiden dan Persatuan Wartawan Indonesia Jatim menggelar rapid test massal di Gedung PWI Jatim, Surabaya, Kamis (3/9/2020). / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mengusung semangat solidaritas memutus rantai penyebaran Covid-19 , Siloam Hospitals Surabaya bersama Kantor Staf Presiden dan Persatuan Wartawan Indonesia Jatim menggelar rapid test massal . Kegiatan yang berlangsung di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia Jatim, Surabaya , Kamis (3/9), itu menyasar 200 anggota komunitas jurnalis dan budayawan beserta keluarga.

(Baca juga: Musisi Terdampak Covid-19, Promotor Musik Harry Koko: Mari Kita Bangkit! )

Kegiatan rapid test ini turut dihadiri Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn.) Moeldoko dan CEO Siloam Hospitals Surabaya, dr. Maria M. Padmidewi, Sp.PK. Dalam sambutannya, Moeldoko memberikan apresiasi atas inisiatif dan kerja sama dari Siloam Hospitals untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 .

Menurut Moeldoko, kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (3M) dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dijalankan pemerintah. "Budaya 3M ini perlu dibangun atas kesadaran bersama karena memastikan diri untuk tidak menularkan Covid-19 ke orang lain juga menjaga diri agar tidak tertular adalah tanggung jawab bersama," ungkap Moeldoko melalui pernyataan resmi yang diterima SINDOnews , Kamis.

"Memakai masker bukan hanya melindungi orang lain supaya tidak tertular, tetapi juga melindungi diri supaya tidak tertular. Demikian pula dengan disiplin diri menjaga jarak dan mencuci tangan. Ini perlu kerja sama kita semua," tambahnya.

Sebagaimana harapan Presiden Republik Indonesia, pencegahan Covid-19 ini selain dilakukan melalui pendekatan kesehatan juga pendekatan budaya. Lebih jauh, Moeldoko juga mengingatkan bahwa protokol kesehatan harus terus diperhatikan dan dijalankan secara benar pada masa normal baru ini.

(Baca juga: Peneliti Kembali Temukan Bukti Virus Corona Menular lewat Udara )

Pada kesempatan yang sama, dr. Maria menyampaikan, agar protokol kesehatan dapat tersampaikan dengan baik, tentunya diperlukan peran aktif semua pihak untuk dapat mengomunikasikan secara efektif mengenai pola hidup baru dan pentingnya menerapkan protokol kesehatan sehingga situasi terus membaik.

"Pekerja media merupakan salah satu garda terdepan dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai pandemi virus corona. Bila tenaga kesehatan menjadi garda terdepan merawat orang yang terinfeksi virus corona, maka pekerja media berjaga di garda depan dalam menyampaikan informasi sekaligus membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat soal bahaya virus ini," papar dr. Maria.

Cegah Corona, 200 Jurnalis dan Budayawan di Surabaya Ikuti Rapid Test
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)