Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood

Minggu, 06 September 2020 - 17:28 WIB
loading...
Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood
Beredarnya banyak film bagus hingga ditonton jutaan orang tak lepas dari kerja keras dari rumah produksi. Banyak rumah produksi rela mengeluarkan anggaran besar demi menghasilkan film berkualitas. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
JAGAD hiburan dunia masih menjadikan film sebagai salah satu daya tarik terbesar untuk menggaet penonton. Beredarnya banyak film bagus hingga ditonton jutaan orang tak lepas dari kerja keras dari rumah produksi. (Baca juga: Berharap Industri Segera Bangkit, Venice Film Festival 2020 Digelar di Tengah Pandemi)

Banyak rumah produksi rela mengeluarkan anggaran besar demi menghasilkan film berkualitas. Berikut 10 perusahaan rumah produksi film terbesar di dunia yang mencerminkan hegemoni Hollywood , Amerika Serikat (AS) di dunia perfilman global. (Baca juga: 5 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal)

1. Universal Pictures
Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood

Didirikan : 1912
Kantor Pusat : Universal City, California, AS
Pendapatan (2019) : USD23 miliar
Kinerja Box-office : USD43,9 miliar
3 film terlaris : Jurassic World (USD1,6 miliar), Furious 7 (USD1,5 miliar), Jurassic World: Fallen Kingdom (USD1,3 miliar)*

Universal Pictures adalah studio film Amerika Serikat (AS) yang dimiliki oleh Comcast melalui divisi Film dan Hiburan NBCUniversal dari anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh NBCUniversal. Didirikan pada 1912, Universal Pictures adalah studio film tertua yang masih ada di AS. Beberapa produksi film perusahaan yang paling terkenal termasuk Jurassic Park dan seluruh seri Jurassic World; Furious 7 dan seluruh seri Fast and the Furious; Minion, Despicable Me, King Kong, dan banyak lagi. (Baca juga: Pandemi COVID-19, Taman Hiburan Nintendo Kemungkinan Batal Dibuka)

2. Warner Bros
Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood

Didirikan : 1923
Kantor Pusat : Burbank, California, AS
Pendapatan (2019) : USD86 miliar
Kinerja Box-office : USD43,8 miliar
3 film terlaris : Harry Potter and the Deathly Hallows: Part II (USD1,3 miliar), Aquaman (USD1,1 miliar), The Dark Knight Rises (USD1 miliar)

Tahun 2019, Warner Bros menghasilkan box office USD43,8 miliar - menjadikannya perusahaan produksi film terbesar ke-2 dalam daftar ini berdasarkan kinerja box office. Warner Bros dikenal dengan divisi studio filmnya, Warner Bros. Pictures Group, yang mencakup Warner Bros. Pictures, New Line Cinema, Warner Animation Group, Castle Rock Entertainment, dan DC Films. Warner Bros. saat ini memiliki 249 film termasuk serial Harry Potter, The Dark Knight, Aquaman, Joker, dan banyak lagi. (Baca juga: Batman Disebut Memicu Munculnya Riddler di The Batman)

3. Columbia Pictures
Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood

Didirikan : 1924
Kantor Pusat : Los Angeles, California, AS
Pendapatan (2019) : USD13 miliar
Kinerja Box-office : USD41,4 miliar
3 film terlaris : Spider-Man: Far From Home (USD1,12 miliar), Skyfall (USD1,11 miliar), Jumanji: Welcome to the Jungle (USD964 juta)

Columbia Pictures adalah studio film Amerika serta perusahaan produksi dan distribusi yang merupakan anggota dari Sony Pictures Motion Picture Group, sebuah divisi dari Sony Pictures milik Sony Entertainment, anak perusahaan konglomerat multinasional Jepang, Sony.

Columbia Pictures adalah salah satu perusahaan produksi film terbesar di dunia dan dianggap sebagai anggota "Lima Besar" studio film besar Amerika. Columbia Pictures telah merilis 245 box office di seluruh dunia yang meraup pendapatan USD41,4 miliar. Menjadikannya salah satu studio film terbaik di dunia.

4. Walt Disney Pictures
Hegemoni Rumah Produksi Film Hollywood

Didirikan : 1983
Kantor Pusat : Burbank, California, AS
Pendapatan (2019) : USD57 miliar
Kinerja Box-office : USD38,4 miliar
3 film terlaris : Avengers: Endgame (USD2,7 miliar), Star Wars Ep. VII: The Force Awakens (USD2,06 miliar), Avengers: Infinity War (USD2,04 miliar)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)