Sejumlah Destinasi Wisata Instagramable yang Menarik di Yogyakarta

loading...
Sejumlah Destinasi Wisata Instagramable yang Menarik di Yogyakarta
Terdapat sejumlah destinasi Instagramable yang harus dikunjungi saat berlibur ke Yogyakarta. / Foto: dok
A+ A-
JAKARTA - Membahas wisata-wisata yang ada di Kota Yogyakarta tidak pernah bosan dan tidak pernah ada habisnya. Kota Gudeg ini memang sudah terkenal memiliki banyak wisata alam, edukasi, dan berbagai wisata lainnya. Dari sekian banyak destinasi wisata yang ada, ada sejumlah destinasi Instagramable yang harus dikunjungi saat berlibur ke kota ini.

(Baca juga: Hidup Sehat Panjang Umur ala Jepang, Salah Satunya Makan Rumput Laut)

Hal itu membuat Yogyakarta semakin eksis dengan banyaknya tempat-tempat Instagramable yang tak ada habisnya untuk dijelajah. Menariknya, destinasi wisata ini memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing seperti spot selfi hingga spot berburu senja yang tentunya sayang jika dilewatkan. Destinasi ini wajib masuk dalam daftar liburan Anda.

Oleh karena itu, jika Anda berencana ingin berlibur ke Yogyakarta, berikut destinasi wisata Instagramable Yogyakarta yang hits dan kekinian yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Sesuai dengan namanya, di sini Anda bisa melihat hamparan pasir yang luas. Wisata alam gurun ini menghadirkan pemandangan eksotis gurun pasir Mojave dan Gobi dari Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Di Gumuk Pasir ada banyak spot foto seperti ayunan, gapura atau tower bambu. Selain itu, Gumuk Pasir juga dikelilingi rumput liar yang bisa menjadi spot foto antimainstream hingga foto dengan mobil jeep yang ikonik.

Waktu terbaik berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo adalah pagi hari dan menjelang sore karena di waktu siang, udara panas Gumuk Pasir sangat menyengat.

2. Studio Alam Gamplong

Pecinta film Hanung Bramantyo pasti sudah tidak asing lagi dengan lokasi ini. Studio Alam Gemplong merupakan set film karya sutradara kondang tersebut yang dibuat untuk karya-karyanya, mulai dari Sultan Agung hingga Bumi Manusia. Di sini Anda dapat melihat replika bangunan bergaya Belanda, yang mana ini merupakan gambaran Indonesia pada zaman penjajahan Belanda dulu.

Ada juga Museum Bumi Manusia, Keraton Mataram hingga Benteng Batavia yang akan membawa Anda napak tilas. Studio Alam Gamplong terletak di Dusun Gamplong 1, Desa Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

3. HeHa Sky View

Para pemburu senja wajib mengunjungi HeHa Sky View. Di sini Anda dapat menikmati keindahan bukit dan sunset saat sore hari. Sedangkan saat malam tiba, Anda akan dimanjakan dengan gemerlap lampu kota. Beroperasi sejak tahun 2019, HeHa Sky View merupakan restoran yang menawarkan makanan yang menggugah selera serta pemandangan yang memanjakan mata.

Selain berburu senja dan indahnya lampu kota, setiap pengunjung juga dapat memuaskan keingan berfoto mereka dengan banyaknya spot foto yang Instagramable. Terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Desa Patuk, Gunung Kidul Regency, Yogyakarta, HeHa Sky View menawarkan tiga aktivitas utama yakni selfie, taman, dan restoran.

4. Bukit Penguk Kediwung

Bukit Penguk Kediwung terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Destinasi wisata Instagramable ini terkenal sebagai tempat berburu matahari terbit. Untuk kenyamanan pengunjung, tersedia juga beragam spot foto menarik seperti perahu kertas, pegasus hingga kolam hati.

5. Taman Sari

Taman Sari dikenal dengan nilai-nilai sejarahnya yang tinggi dan masih dijaga dengan baik. Tidak kalah dengan destinasi wisata Yogyakarta lainnya, Taman Sari juga turut menawarkan sudut-sudut Instagramable yang menarik. Di sini Anda bisa belajar sejarah hingga memuaskan keingan foto. Taman Sari dahulunya merupakan taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Istana ini memiliki beberapa kolam pemandian serta wewangian dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan di sekitarnya dan dibangun sebagai hadiah untuk istri-istri penguasa Yogyakarta saat itu, Sultan Hamengku Buwono I, oleh arsitek berkebangsaan Portugis.

Taman Sari memiliki ruang rahasia yang tersembunyi, salah satunya adalah ruang penyimpanan senjata. Anda dapat terus berjalan ke Sumur Gumuling, masjid bawah tanah yang didesain dengan sisi akustik yang baik. Zaman dahulu, ketika imam mempimpin shalat, suara imam dapat terdengar dengan lantang ke segala penjuru.

Lantaran keunikan lokasinya, Taman Sari juga kerap dijadikan destinasi foto prewedding di Yogyakarta. Penyedia layanan foto wedding Jogja, Warna Indonesia pun bisa menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan tersebut.

6. Goa Langse

Yogyakarta juga memanjakan para pecinta alam dengan banyaknya wisata alam yang menarik. Seperti Goa Langse yang terletak di Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Namun, untuk menuju Goa Langse tidaklah mudah karena trek yang sangat curam. Dengan jarak tempuh 750 meter, awal perjalanan menuju tempat ini tidak terlalu sulit. Pengunjung akan disambut oleh jalan setapak di antara rerimbunan ladang.

Setelah itu, barulah Anda akan dihadapkan dengan tangga yang terjal dan nyaris tegak lurus di bibir tebing setinggi 400 meter serta jalur yang sangat sempit. Begitu mencapai Goa Langse, aroma dupa dan bunga melati langsung tercium. Di sini Anda juga dapat menemukan mata air.

7. Pantai Wedi Ombo

Destinasi wisata Instagramable Yogyakarta lainnya adalah Pantai Wedi Ombo yang terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sini Anda dapat bersantai sambil berenang di air laut yang tenang dan menunggu matahari terbenam.

Pantai Wedi Ombo memiliki laguna yang terbentuk alami dan dikelilingi oleh gugusan karang yang berjajar rapi. Di sini menjadikannya tempat yang pas untuk mengambil foto. Namun, pastikan Anda tetap berhati-hati karena ombak tinggi kerap datang di sekitar laguna tersebut.

8. Glamping Indekostour

Rasakan sensasi berkemah yang berbeda di Glamping Indekostour. Sesuai dengan namanya, di sini Anda dapat menikmati berkemah dengan mewah. Meski tidur di tenda, Anda tetap bisa menikmati kasur empuk, pendingin ruangan dan televisi. Glamping Indekostour juga menyediakan berkemah dengan keluarga, VIP Glamping dengan pemandangan Candi Prambanan. Berlokasi di Kantor Cabang Yogyakarta, Jalan Kaliurang KM 9,3, Anda juga bisa memanfaatkan studio foto Jogja untuk momen-momen bersama keluarga.

9. The Lost World Castle

Yogyakarta juga memiliki castle yang Instagramable. The Lost World Castle menawarkan sejumlah atraksi memukau, mulai dari kastil bertema Eropa lengkap dengan hiasan bernuansa abad pertengahan, pohon sakura, tenda Indian, dan patung Dinosaurus di sungai yang kering.

(Baca juga: Vitamin D Rendah Dapat Tingkatkan Kemungkinan Infeksi Covid-19)

Tidak hanya itu, The Lost World Castle juga menghadirkan rumah Hobbit, Paradise Gate (gerbang nirwana) dan galeri 3D yang cocok fotonya diunggah di Instagram. The Lost World Castle terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

10. Romantic Garden Bantul

Salah satu taman bunga di Yogyakarta yang keindahannya memanjakan mata dan Instagramable adalah Romantic Garden Bantul. Terletak di Jalan Lintas Selatan, Wonoroto, Gadingsari, Sanden, Bantul, Yogyakarta, Romantic Garden Bantul berdekatan dengan Resoinangun Garden dan Taman Bunga Asri.

Hanya membayar Rp8.000, pengunjung sudah dapat meminjam topi untuk melengkapi gaya Anda berfoto. Ada beragam bunga yang ditanam di sini, seperti bunga kertas, matahari, jengger, dan lain-lainnya. Romantic Garden Bantul juga dilengkapi spot-spot foto Instagramable lainnya.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top