Banyak Disukai, Ini Resep Mudah Chocolate Mousse

loading...
Banyak Disukai, Ini Resep Mudah Chocolate Mousse
Chocolate mousse adalah salah satu menu dessert yang banyak disukai karena rasa manis cokelat yang khas. / Foto: ilustrasi/Twitter @hermawandevina
A+ A-
JAKARTA - Bunda, mencari ide untuk camilan si kecil? Anda bisa mencoba membuat chocolate mousse. Chocolate mousse adalah salah satu menu dessert yang banyak disukai karena rasa manis cokelat yang khas. Manis dan lembutnya langsung meleleh di mulut. Kudapan ini cocok disajikan untuk anak-anak.

(Baca juga: Teh Kunyit Kaya Manfaat, Membuatnya juga Mudah!)

Anda yang penasaran rasanya seperti apa, bisa mencoba resep dari Chef Devina Hermawan. Dikutip dari channel YouTubenya, Chef Devina membuat resep ini tanpa gelatin. Berikut langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan:
3 butir telur
120 gr gula pasir
2 sdm air



Cokelat:
270 gr dark chocolate atau 96 gr serbuk minuman cokelat
1 sdm maizena
120 ml air
4 sdm mentega
4-5 sdm cokelat bubuk
1 sdt bubuk espresso (opsional)

Bahan lain:
300 ml whip cream (sebelum dikocok)

Pelengkap:
Cokelat batang, parut
Biskuit, hancurkan
Strawberry
Edible flower
4 sdm air



Cara membuatnya:
1. Campurkan dark chocolate, maizena, air, mentega, cokelat bubuk, dan bubuk espresso kemudian aduk terus dan masak dengan api sedang sampai mengental. Setelah matang, pindahkan ke dalam mangkuk dan tutupi dengan cling wrap di permukaannya. Masukkan gula dan air ke dalam pan, masak dengan api sedang, jangan diaduk.

2. Setelah gula agak berbuih, kocok telur menggunakan mixer. Saat gula sudah mencapai suhu 120°C, masukkan ke dalam kocokan telur. Kocok menggunakan mixer hingga mengembang dan berwarna pucat. Masukkan cokelat ke dalam kocokan telur, aduk menggunakan spatula. Kocok whip cream sampai soft peak, campurkan dengan kocokan telur dan aduk menggunakan spatula hingga rata.

(Baca juga: Ide Makan Enak Siang Ini: Udang Goreng Bawang Cita Rasa Bali)

3. Tuang adonan mousse ke dalam gelas atau cetakan, diamkan di dalam kulkas minimal 2 jam atau hingga set. Untuk penyajian mousse dalam gelas bisa ditambahkan cokelat parut di atasnya sebagai garnish. Untuk penyajian dengan cara plating, letakkan biskuit yang sudah dihancurkan di atas piring, siapkan sendok yang direndam diair panas lalu lap dan scoop mousse menjadi kenel kemudian letakkan di atas biskuit.

4. Beri strawberry, cokelat parut, dan edible flower sebagai pelengkap. Chocolate mousse siap disajikan.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top