Lindungi Penderita Demensia dari Covid-19

Jum'at, 11 September 2020 - 12:15 WIB
loading...
A A A
Namun menjadi tua bukan berarti kualitas hidup menurun. Sebaliknya, lansia bisa tetap produktif dan bebas pikun dengan menerapkan gaya hidup sehat sejak dini. Yaitu mengonsumsi asupan gizi sehat seimbang, dan latihan jasmani rutin.

“Ketika telah menjadi lansia, kiat agar tetap sehat di usia lanjut yang dapat menjadi panduan adalah BAHAGIA, yaitu Berat badan dijaga, Atur makanan seimbang, Hindari faktor risiko, Agar tetap berguna kembangkan hobi, Gerak badan teratur, Iman dan takwa ditingkatkan, serta Awasi kesehatan secara periodik,” jelas Dr. dr. Purwita Wijaya Laksmi, Sp.PD-KGer, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

Terlebih, lansia berisiko lebih tinggi terkena infeksi dan kematian akibat COVID-19. Hal ini disebabkan karena proses menua pada sistem kekebalan tubuh membuat daya tahan tubuh relatif menjadi lebih rendah. Selain itu, lansia umumnya telah memiliki berbagai penyakit kronik yang meningkatkan risiko komplikasi penyakit. (Lihat videonya: Tawuran Remaja Sambil Berenang Kembali Terjadi di Jakarta Utara)

Karenanya keluarga perlu mengupayakan kondisi lingkungan rumah tetap bersih, aman, dan nyaman untuk lansia. Perhatian tulus dan kesabaran dari keluarga akan membuat lansia tidak merasa terisolasi serta memudahkan lansia menerima dan beradaptasi terhadap tatanan baru. (Sri Noviarni)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)