Rachmat Julio Sosok di Balik Ramainya Labuan Bajo Saat Pandemi

loading...
Rachmat Julio Sosok di Balik Ramainya Labuan Bajo Saat Pandemi
Rachmat Julio Sosok di Balik Ramainya Labuan Bajo Saat Pandemi/Istimewa
A+ A-
LABUAN BAJO - Berkat kerja keras dalam membangun citra dan kepercayaan masyarakat untuk kembali berwisata saat pandemi perlahan mulai membuahkan hasil berkat kampanye #KembaliBerwisata. Terbukti pasca dibukanya objek wisata Labuan Bajo dan sekitarnya pada Juli lalu oleh pemerintah Indonesia, sudah ramai kembali dikunjungi wisatwan. Perlahan mereka yang keseharian menggantungkan hidupnya pada wisatawan kembali tersenyum lebar.Tentu upaya ini tidak lepas dari buah pikiran dari Rachmat Julio yang merupakan inisiator kampanye #KembaliBerwisata. Ia bercerita, untuk melancarkan misi pariwisata tersebut, ia harus menguras waktu dan pikirannya dan juga harus mengeluarkan biaya pribadinya agar Labuan Bajo dan objek wisata lainnya kembali ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga: Madonna Sebut popularitas Bisa Diraih dengan KontroversiPemilik operator wisata Anjani Trip itu menyebut, untuk mengangkat kampanye #KembaliBerwisata ini, dia rela mengandeng beberapa influencer papan atas seperti Awkarin, Sabai Tama, Keanu dan influencer terkemuka lainnya. Tentu biaya yang dikeluarkan bukan sedikit tanpa suntikan dana dari pemerintah. Hal ini dilakukan hanya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata yang beberapa bulan ini mati suri akibat pandemi."Tujuan gue pengen ekonomi pariwisata di Labuan Bajo bisa bangkit lagi. Dan Alhamdulillah terbukti mas, dari batch pertama di bulan Agustus yang gue datengin enam influencer papan atas di Indonesia sekarang gue sebahagia itu ngeliat Labuan Bajo sudah mulai ramai lagi," kata dia."Inisiatif gue ngebuat campaign #KembaliBerwisata di Labuan Bajo dengan menggunakan kocek sendiri. Gue ngebentuk program disetiap bulannya ingin menggandeng para influencer/public figure yang ada di Indonesia guna menstimulus kembali semangat berwisata ke para calon traveller dan mensosialisasikan kembali," kata pemilik Anjani Trip, salah satu agent tarvel terbesar yang beroperasi di Labuan Bajo dan Raja Ampat itu.

Baca Juga: Tiga Raksasa Asia Mundur, Bagaimana NAsib Piala Thomas dan Uber?Julio mengaku sangat senang saat objek wisata kembali ramai dikunjungi. Dimana paara pemilik kapal sudah mulai dapat bookingan, para meilik jasa transportasi sudah mulai bekerja lagi bahkan indsutri perhotelan sudah mulai tumbuh sehingga ekonomi masyarakat kembali bangkit."Tentu ini bukan semata untuk promosi bisnis saya. Ratusan tarvel agen dan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di Labuan Bajo. Bila saya hanya berdiam diri, Labuan Bajo akan mati, bayangkan berapa banyak usaha dan bisnis mereka yang tutup dan berapa banyak keluarga yang terlantar," urai Julio.Dia mengatakan, kampanye #KembaliBerwisata yang digaungkannya itu dinilai berhasil meyakinkan masyarakat untuk tidak lagi takut untuk berwisata. Karena setiap agnen atau opertor travel selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan.
Lihat Infografis: 4 Langkah Membuat Es Kopi ala Cafe

Julio berharap kampanye #KembaliBerwisata didukung oleh pemerintah sebagai bentuk dukungan kepada UMKM dan salah satu cara mendobrak kembali perekonomian nasioanl. Selain itu ia berharap kepada seluru pelaku industri wisata juga harus memiliki jiwa yang sama dan berani untuk melakukan hal ini agar indutri pariwisata dalam negeri bangkit kembali. "Dan gue rasa di setiap destinasi Indonesia harus ada orang yang berani mendobrak kayak gue mas. Agar publik ngelirik," tambahnya.Dengan niat tulus, lanjut dia, kampanye ini akan terus disuarakan dan kolaborasi dengan publik figur akan diteruskan hingga akhir tahun meskipun dengan duit sendiri. Ia berencana akan membuat event besar dengan menggandeng 150 travel agen yang ada di Indonesia pada 2-4 Oktober mendatang."Kita bareng-bareng jualin Labuan Bajo lg secara serentak. Keinginan gue tidak banyak, hanya ingin Labuan Bajo dan destinasi wisata lain kembali ramai. Gue rindu ngeliat temen-temen lainnya bisa dapet makan yang layak seperti sebelumnya," tandasnya

(aww)
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top