Murah dan Sehat! Konsumsi Satu Pisang Setiap Hari Bisa Cegah Kanker

Minggu, 19 Oktober 2025 - 11:15 WIB
loading...
Murah dan Sehat! Konsumsi...
Pisang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan, salah satunya bisa cegah kanker. Foto/LiveScience
A A A
JAKARTA - Pisang mempunyai manfaat yang bagus untuk Kesehatan. Menurut penelitian, konsumsi rutin buah pisang bisa mencegah kanker. Pati yang ditemukan dalam pisang dapat mengurangi beberapa kanker hingga lebih dari separuhnya. Uji coba ini sudah dilakukan selama 20 tahun.

Seperti dikutp dari www.lead.ac.uk manfaat pisng diungkap pada studi internasional, yang melibatkan para peneliti dari Universitas Leeds Inggris. Hasilnya, pisang memiliki efek pencegahan yang signifikan pada orang-orang dengan risiko kanker turunan yang tinggi. Pati resistan ditemukan dalam berbagai macam makanan termasuk oat, sereal sarapan, pasta, nasi, kacang polong, buncis, dan pisang yang agak hijau.

Melibatkan hampir 1.000 pasien dengan sindrom Lynch dari seluruh dunia, penelitian yang dikenal sebagai CAPP2 mengungkapkan bahwa dosis rutin pati resistan, yang dikonsumsi selama rata-rata dua tahun, tidak memengaruhi kanker di usus tetapi mengurangi kanker di bagian tubuh lainnya hingga lebih dari setengahnya.

Baca Juga : 10 Manfaat Pisang untuk Pria, Buah Murah Meriah dengan Segudang Khasiat

Efek ini khususnya terasa pada kanker saluran cerna bagian atas (GI) termasuk kanker esofagus, lambung, saluran empedu, pankreas, dan duodenum, dan terlihat bertahan selama 10 tahun setelah pasien berhenti mengonsumsi suplemen tersebut.

Studi yang dipimpin oleh para ahli di Universitas Leeds dan Newcastle ini diterbitkan hari ini di Cancer Prevention Research . Studi ini merupakan tindak lanjut terencana, tersamar ganda, selama 10 tahun, yang dilengkapi dengan data registri kanker nasional yang komprehensif hingga 20 tahun pada 369 partisipan.

Penelitian sebelumnya yang diterbitkan sebagai bagian dari uji coba yang sama, mengungkapkan bahwa aspirin mengurangi risiko kanker usus besar hingga 50%.

Baca Juga : Masuk Daftar Pisang Terbaik di Dunia, Ini 5 Manfaat Kesehatan Pisang Raja

Mengurangi kanker

Profesor John Mathers, profesor Nutrisi Manusia di Universitas Newcastle, mengatakan: “Kami menemukan bahwa pati resistan mengurangi berbagai jenis kanker hingga lebih dari 60%. Efeknya paling nyata di bagian atas usus.

Pati resisten dapat dikonsumsi sebagai suplemen bubuk dan ditemukan secara alami dalam kacang polong, buncis, gandum, dan makanan bertepung lainnya.

Dosis yang digunakan dalam uji coba ini setara dengan mengonsumsi pisang setiap hari: sebelum pisang menjadi terlalu matang dan lunak, pati dalam pisang akan terurai dan mencapai usus, tempat ia dapat mengubah jenis bakteri yang hidup di sana.

Efek pada Asam Empedu

Pati resistan difermentasi di usus besar, memberi makan bakteri usus yang bermanfaat, sedangkan karbohidrat lainnya dicerna di usus halus.

Profesor Mathers menambahkan: "Kami yakin pati resisten dapat mengurangi perkembangan kanker dengan mengubah metabolisme bakteri dalam asam empedu dan mengurangi jenis asam empedu yang dapat merusak DNA kita dan pada akhirnya menyebabkan kanker. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut."

Profesor Tim Bishop, Sekolah Kedokteran Leeds , mengatakan: “Hasilnya menggembirakan, tetapi besarnya efek perlindungan pada saluran pencernaan bagian atas tidak terduga sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mereplikasi temuan ini.”

Studi jangka Panjang

Antara tahun 1999 dan 2005, hampir 1.000 peserta mulai mengonsumsi pati resisten dalam bentuk bubuk setiap hari selama dua tahun, atau plasebo (bubuk yang tampak seperti pati resisten tetapi tidak aktif).

Pada akhir tahap pengobatan, tidak ada perbedaan keseluruhan dalam insiden kanker antara mereka yang mengonsumsi pati resisten dan mereka yang tidak. Namun, tim peneliti mengantisipasi bahwa efek perlindungan akan membutuhkan waktu lebih lama untuk berkembang dan telah merancang penelitian untuk tindak lanjut lebih lanjut.

Selama periode tindak lanjut, hanya terdapat lima kasus baru kanker saluran pencernaan bagian atas di antara 463 peserta yang mengonsumsi pati resisten, dibandingkan dengan 21 kasus di antara 455 peserta yang mengonsumsi plasebo.

Profesor Sir John Burn, dari Universitas Newcastle dan Newcastle Hospitals NHS Foundation Trust yang ikut menjalankan uji coba tersebut, mengatakan bahwa ketika mereka memulai penelitian lebih dari 20 tahun yang lalu, kami berpikir bahwa orang-orang dengan kecenderungan genetik terhadap kanker usus besar dapat membantu kami menguji apakah kami dapat mengurangi risiko kanker dengan aspirin atau pati resistan.

“Pasien dengan Sindrom Lynch berisiko tinggi karena mereka lebih mungkin terkena kanker, sehingga menemukan bahwa aspirin dapat mengurangi risiko kanker usus besar dan kanker pati resisten lainnya hingga setengahnya sangatlah penting," ungkap Profesor Sir John Burn.

Tim ini sekarang memimpin uji coba internasional, CaPP3, dengan lebih dari 1.800 orang dengan sindrom Lynch yang terdaftar untuk melihat apakah dosis aspirin yang lebih kecil dan lebih aman dapat digunakan untuk membantu mengurangi risiko kanker.

Penelitian ini didanai oleh Cancer Research UK, Komisi Eropa, Dewan Penelitian Medis, dan Institut Nasional untuk Penelitian Kesehatan.
(wur)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Ini Menu Sarapan Terbaik...
Ini Menu Sarapan Terbaik sebelum Olahraga, Pisang dan Ubi Cilembu Juaranya
Isu Semprot Parfum di...
Isu Semprot Parfum di Leher Sebabkan Kanker dan Tiroid Ternyata Mitos, Ini Kata Dokter
Tips Sate Sehat Anti...
Tips Sate Sehat Anti Kanker ala Menkes, Cocok untuk Olahan Daging Kurban
Angka Kasus Kanker Tembus...
Angka Kasus Kanker Tembus 408 Ribu, Teknologi SPECT/CT Pertama Hadir untuk Putus Diagnosis Stadium Lanjut
Jelang Iduladha, Aldi...
Jelang Iduladha, Aldi Taher Serukan Makan Daging Tanpa Takut Kolesterol
Jangan Tunggu Keluhan,...
Jangan Tunggu Keluhan, Pemeriksaan Mata Anak Perlu Dilakukan Sejak Dini
Perjuangkan Nasib Dokter...
Perjuangkan Nasib Dokter Muda, PDMI Minta Pemerintah Buka Kembali Akses Ujian Kompetensi
Hidup dengan Multiple...
Hidup dengan Multiple Sclerosis, Penderita Kelihatan Baik-baik Saja meski Berjuang Dalam Diam
Asosiasi Minta Rancangan...
Asosiasi Minta Rancangan Aturan Peringatan Kesehatan Tak Bertentangan dengan UU Hak Kekayaan Intelektual
Rekomendasi
PMB Sekolah Swasta Gratis...
PMB Sekolah Swasta Gratis Jakarta 2026 Segera Dibuka, Cek Syarat dan Jadwalnya
2 Mobil Porsche Disita...
2 Mobil Porsche Disita KPK dari Rumah Silmy Karim Tidak Ada di LHKPN, Unsur TPPU Didalami
Buku Presiden Solusi...
Buku Presiden Solusi Catat 108 Kebijakan, Qodari: Prabowo Menyasar Akar Persoalan Bangsa
Berita Terkini
Keanu Angelo Dicecar...
Keanu Angelo Dicecar 28 Pertanyaan Terkait Kasus Dugaan Penipuan Hanania Travel
Dari Iran ke Indonesia,...
Dari Iran ke Indonesia, Pesepeda Arezoo Tampil Memukau Lewat Sentuhan Ade Fitri Kirana
Nonton Gratis hingga...
Nonton Gratis hingga VIP, Ini Beragam Cara Menikmati Microdrama di V+Short
Ruben Onsu Tak Lagi...
Ruben Onsu Tak Lagi Harapkan Permintaan Maaf Sarwendah, Hanya Ingin Bertemu Anak
Liburan Mewah Tanpa...
Liburan Mewah Tanpa Menguras Anggaran: Hotel Bintang 4 dan 5 Mulai Rp300.000
Potret Alyssa Daguise...
Potret Alyssa Daguise dan Baby Soleil Jadi Sorotan, Perhiasan yang Dipakai Tembus Rp1,2 Miliar
Infografis
Bahaya! Sarapan Gorengan...
Bahaya! Sarapan Gorengan Setiap Hari Bisa Picu Penyakit Ini
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved