Resep Membuat Yachaejeon, Bakwan Khas Korea yang Garing dan Empuk

loading...
Resep Membuat Yachaejeon, Bakwan Khas Korea yang Garing dan Empuk
Ada yang pernah makan Yachaejeon? Jeon yang dibuat dari beragam sayuran dicampur dengan tepung atau gampangnya bahwan khas Korea. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Bagi pecinta makanan Korea tentu sudah tidak asing lagi dengan Jeon, salah satu pancake khas Korea. Penamaan Jeon disesuaikan dengan isian yang digunakan. Seperti apa?

Baru-baru ini, jebolan ajang Master Chef Indonesia, Devina Hermawan membagikan resep Yachaejeon, yakni jeon yang dibuat dari beragam sayuran dicampur dengan tepung. Sajian ini dapat dimakan sebagai camilan maupun sebagai lauk. Anda yang penasaran dan rindu rasa masakan ini tidak perlu terbang ke Korea.

Resepnya bisa dibuat dengan mudah di rumah. Penasaran? Berikut resep membuat pancake Yachaejeon atau bakwan ala Korea dikutip dari channel YouTube Devina Hermawan. (Baca juga: Yuk! Praktik Resep Udang Saus Yakult yang Viral di TikTok)

Bahan-bahan:
50 gr kucai, potong memanjang
1 buah kentang, iris memanjang
1 wortel, iris memanjang
1-2 batang daun bawang, iris memanjang
1 siung bawang bombai, iris
2 cabai merah, iris serong
4 kani stick, iris serong



Adonan:
8 sdm tepung terigu
4 sdm maizena
1 butir telur
200 ml air
2 sdt kaldu ayam atau penyedap
½ sdt garam
½ sdt merica

Saus cocolan:
1 siung bawang putih, cincang
1-2 cabai merah keriting, iris
2 sdm kecap ikan
3 sdm kecap asin
1 sdm minyak wijen
3 sdm air
2 sdm cuka beras
2 ½ sdm gula pasir
1 batang daun bawang, iris
1 sdt wijen

Cara membuat:
Siapkan semua kucai, kentang, wortel, daun bawang, bawang bombai, dan kani stick yang sudah diiris ke dalam mangkuk. Aduk rata. Campurkan semua bahan adonan basah hingga rata. Masukkan ke dalam sayuran, aduk rata kembali. (Baca juga: 3 Langkah Membuat Asem-asem Daging Khas Demak)



Panaskan wajan dan beri sedikit minyak lalu tuang semua adonan. Taruh irisan cabai di atasnya lalu masak dengan api sedang. Setelah bagian bawah kering, balikkan pancake dan beri lagi sedikit minyak kemudian masak hingga matang.

Untuk saus cocolan, campurkan semua bahan saus kemudian aduk rata. Potong sesuai selera dan sajikan bersama saus cocolan.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top