Jalan Profesi Dokter Gigi dan Chef, Olivia Hendak Lakukan Ini buat Masyarakat

Selasa, 15 September 2020 - 05:35 WIB
loading...
Jalan Profesi Dokter Gigi dan Chef, Olivia Hendak Lakukan Ini buat Masyarakat
Dokchef Stephanie Olivia berharap bisa mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan mulut, gigi dan menjaga asupan makanan. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Stephanie Olivia mencoba memanfaatkan dengan sebaik-baiknya dua profesi yang dijalani, yakni sebagai dokter gigi dan chef . Melalui dua bidang profesi yang ditekuninya tersebut, Olivia berharap bisa mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan mulut, gigi dan menjaga asupan makanan.

(Baca juga: Genap 31 Tahun, Lee Jong Suk Miliki Segudang Prestasi )

"Aku punya visi gabungkan kesehatan dan makanan . Saat ini profesiku jadi dokter gigi dan juga punya passion dalam dunia kuliner, jadi punya ide coba menggabungkan kedua hal tersebut menjadi satu, karena kesehatan enggak hanya dari perawatan tubuh dan lainnya, kita bisa menjaga dari asupan makanan. Apa yang kita makan, cara membersihkan gigi seperti apa, aku pengin gabungkan kedua hal tersebut," ujar Olivia saat dijumpai di Jakarta, belum lama ini.

Lantaran dua profesinya itu, Olivia pun kerap dikenal sebagai Dokchef. Sebagai dokter gigi , Olivia biasa praktik di sejumlah klinik gigi di kawasan Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Sedangkan, dalam dunia kuliner , dia juga aktif sebagai chef seusai menembus 30 besar Masterchef Indonesia season 5.

"Aktivitas saya rutin itu sebagai dokter gigi. Kalau memasak memang sudah jadi hobi saya sejak kecil. Akhirnya meskipun saya sebagai dokter gigi, saya juga ingin terjun sebagai chef. Kemudian saya ikut program Masterchef Indonesia season 5. Setelah itu, passion saya semakin besar dan semangat ingin menekuni dunia chef secara profesional," ucap Dokchef kelahiran Jakarta, 24 Juli 1997 ini.

(Baca juga: Dampak Pandemi, 83% Tenaga Kesehatan di Indonesia Alami Burnout Syndrome )

Dokter gigi dan chef memang memiliki ruang lingkup pekerjaan yang berbeda. Namun, keduanya mempunyai sisi yang sama, yakni sama-sama berhubungan dengan mulut. "Sama fokusnya di mulut. Jadi saya ingin sekali mengedukasi masyarakat sejak dini soal bagaimana membuat masakan yang sehat untuk gigi, dan bagaimana kebiasaan yang baik setelah makan untuk jaga kesehatan terutama gigi yang bukan menjadi perhatian utama di masyarakat," ujar Olivia.

Sebagai seorang chef, Olivia tak mengkhususkan diri dengan gaya masakan tertentu. Dia memilih menjelajah semua jenis makanan yang ada di dunia. "Explore saja masakan dari seluruh dunia, dari mulai Japanese, Chinese, Western, semuanya ingin aku explore," tegasnya.

Ke depannya, dokter gigi lulusan Universitas Trisakti ini ingin berkarya lebih luas lagi di kedua bidang yang ditekuninya. Dia ingin masyarakat Indonesia menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi dan mulut, meski makan banyak jenis makanan setiap harinya. Selain itu, Olivia berencana membuat channel Youtube serta menulis buku untuk semakin mengedukasi masyarakat akan kesehatan gigi dan makanan.

(Baca juga: Mengenal Gangguan Kepribadian Ambang )

"Latar belakang profesiku dokter gigi yang suka masak, pengin membuat ciri khas dalam masakan ada suatu tambahan untuk kesehatan gigi. Berharap dengan apa yang aku sampaikan, masyarakat bisa lebih aware menjaga kesehatan gigi dan bisa membantu ibu-ibu memberikan ide. Jadi, mereka ada platform edukasi untuk menjaga kesehatan gigi dan untuk masakannya," pungkasnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4343 seconds (0.1#10.140)