Mengenang Ade Firman Hakim, dari Abang None Jakarta hingga Film Bid'ah Cinta

loading...
Mengenang Ade Firman Hakim, dari Abang None Jakarta hingga Film Bidah Cinta
Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia dalam usia 31 tahun. Kariernya termasuk yang cukup diperhitungkan di dunia seni peran Indonesia. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Aktor Ade Firman Hakim meninggal dunia dalam usia 31 tahun. Kariernya termasuk yang cukup diperhitungkan di dunia seni peran Indonesia.

Selama menekuni dunia acting, actor kelahiran 20 Oktober 1988 ini telah membintangi sejumlah film. Tapi, sebelum itu dia mengawali perjalanannya di panggung hiburan Tanah Air sebagai finalis Abang None Jakarta wilayah Jakarta Barat pada 2008 dan mendapatkan gelar Harapan 1. (Baca juga: Aktor Ade Firman Hakim Meninggal Dunia, Diduga karena Covid-19)

Pada 2010, Ade mulai tampil di Bebek Belur sebagai Andy. Perjalanannya menanjak saat tampil di film Soekarno: Indonesia Merdeka pada 2013 dengan perannya sebagai Chaerul Saleh.

Selang dua tahun, yakni pada 2015, Ade tampil dalam dua film, Guru Bangsa: Tjokroaminoto (Musso)dan Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (Dean). Sementara, pada 2016 dia kembali memperlihatkan eksistensinya di dunia seni peran dengan main film Midnight Show sebagai Guntur.

Di tahun yang sama, Ade juga main film Kalam Kalam Langit dan Ibu Maafkan Aku (Banyu). Di 2017, namanya masuk nominasi Pemeran Pembantu Pria Terpuji untuk Kategori Film di Festival Film Bandung dalam perannya sebagai Sandra di film Bid'ah Cinta. Film lain yang dimainkannya, yakni Night Bus, 22 Menit, dan Malam Jumat: The Movie pada 2019.



Di tengah kariernya itu, Ade dikabarkan meninggal dunia pada Senin, 14 September 2020, pukul 17:20 WIB dalam usia 31 tahun. Kabar ini membuat sejumlah artis berduka. Apalagi, Ade tak hanya piawai menekuni karakter orang lain. Di belakang layar, dia dikenal sebagai orang yang mudah bergaul dan bisa menghibur rekan-rekannya. (Baca juga: Sebanyak 54.277 Orang Positif Corona Masih dalam Perawatan)

Happy Salma misalnya. Dia mengaku Ade merupakan sosok yang sabar dan pandai melucu. "Kamu ikhlas kalau di goda siapapun dan selalu tawa yang keluar sebagai balasannya. Secepat itu, semurah itu hidup ini. Karibku, terang jalanmu. Selamat jalan, Ade," tulis Happy di Instagram.

Demikian dengan Ayu Shita yang berduka dengan meninggalnya Ade. Lewat akun Instagram @ayushita, personel BBB ini menyampaikan duka.

“My dearest @adefirmanhakim , teman baik hati luar biasa.. selamat jalan ade it breaks my heart, but i know Allah loves you more... selamat jalan ade,” tulis Ayu sambil mengunggah foto mereka berdua.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top