Kaya Rempah, Begini Cara Membuat Nasi Bakar Bumbu Jontor

loading...
Kaya Rempah, Begini Cara Membuat Nasi Bakar Bumbu Jontor
Nasi bakar menawarkan rasa yang khas. Selain itu juga memiliki aroma wangi dari rempah-rempah yang dihadirkan. Anda pun bisa membuatnya di rumah. Foto/Istimewa.
A+ A-
JAKARTA - Nasi bakar menawarkan rasa yang khas. Makanan ini memiliki aroma wangi karena diolah dengan rempah-rempah, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Umumnya, nasi bakar diisi sesuai selera. Jika Anda suka ayam, bisa menambahkannya sebagai isian.

Nah, kali ini Anda bisa membuat Nasi Bakar Bumbu Jontor. Jangan lupa santap bersama pelengkap lainnya seperti sambal. Rasanya jangan ditanya sudah pasti nikmat dan menggugah selera.

Makanan ini bisa menjadi makanan spesial yang dapat Anda sajikan untuk makan bersama keluarga tercinta. Berikut resep membuat Nasi Bakar Bumbu Jontor seperti dikutip akun Instagram @masaktv. (Baca juga: Tongkol Rica-rica yang Cocok untuk Pecinta Pedas)

Bahan-bahan:
2 potong daging ayam bagian paha boneless⁣
1 buah jeruk nipis⁣

Bumbu jontor:
20 buah cabai rawit merah⁣
3 lbr daun jeruk ⁣
2 btg serai⁣
1 genggam daun kemangi ⁣
3 buah belimbing wuluh, iris-iris
5 siung bawang merah⁣
3 siung bawang putih ⁣
1 ruas jahe ⁣
3 btr kemiri⁣

Bumbu nasi:
3 siung bawang merah⁣
1 btg daun bawang⁣
1 btg serai⁣
1 lbr daun salam⁣

Pelengkap:
Bawang goreng⁣
Daun pisang⁣

Cara membuat:
Bumbu jontor, masukan cabai rawit, bawang merah dan 1 lembar daun jeruk ke dalam chooper dan haluskan jangan terlalu halus.⁣ Blender halus kemiri, bawang putih dan jahe. Tumis bumbu blenderan hingga matang lalu masukan sereh dan sisa daun jeruk.⁣ Masukan bumbu yang di chopper dan masak hingga harum, lalu masukan belimbing wuluh.⁣ (Baca juga: Sempat Konflik, Taylor Swift Kirimkan Hadiah untuk Anak Katy Perry)



Masukam ayam yang telah dipotong kecil-kecil. Masak hingga matang dan tambahkan daun kemangi.⁣ Nasi, tumis bawang merah hingga harum, lalu masukan daun bawang, daun salam dan serai. Masukan nasi dan aduk hingga tercampur.⁣ Beri garam dan lada.⁣ Siapkan daun pisang lalu tuang nasi putih beserta daun salam dan serai, lalu tambahkan kemangi.⁣

Tambahkan bumbu jontoran diatas nasi lalu gulung rapat dan ikat dengan tusuk gigi atau staples.⁣ Kukus sebentar nasi hingga daun terlihat layu.⁣ Siapkan bakaran dan bakar nasi hingga daun pisang kecokelatan.⁣ Angkat, nasi bakar bumbu jontor siap disajikan.
(tdy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top