Menurunkan Tekanan Darah Bisa Dilakukan Tanpa Obat, Begini Caranya!
Kamis, 04 Desember 2025 - 07:10 WIB
loading...
A
A
A
Baca Juga : Benarkah Daging Kambing Jadi Penyebab Hipertensi? Ini Penjelasan Ahli IPB University
2. Pola makan sehat Mulailah menjalani pola makan makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berproses, kemasan, dan junkfood. Pasalnya makanan tersebut mengandung garam yang cukup tinggi. Ubah mindset berpikir Anda bahwa mengurangi garam bukan berarti mengurangi garam pada masakan. Tapi ingat bahwa kandungan garam banyak bertebaran di makan kemasan, junkfood, dan makanan di restoran.
3. Menurunkan berat badan Mengurangi berat badan 5 persen saja akan cukup berpengaruh pada tekanan darah Anda. Apalagi bila Anda berhasil menurunkan 10 persen dari berat badan Anda, ingin akan berdampak besar bagi penurunan tekanan darah dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.
4. Kurangi asupan alkohol. Sebuah studi pernah mengungkapkan bahwa 53 persen orang yang mengonsumsi 7-13 gelas alkohol perminggj bisa terkena hipertensi ringan. Sedangkan orang yang mengonsumsi alkohol 14 gelas perminggu memiliki risiko 69 persen terkena hipertensi.
5. Berhenti merokok. Berhenti merokok efektif menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.
2. Pola makan sehat Mulailah menjalani pola makan makan sehat dengan mengurangi konsumsi makanan berproses, kemasan, dan junkfood. Pasalnya makanan tersebut mengandung garam yang cukup tinggi. Ubah mindset berpikir Anda bahwa mengurangi garam bukan berarti mengurangi garam pada masakan. Tapi ingat bahwa kandungan garam banyak bertebaran di makan kemasan, junkfood, dan makanan di restoran.
3. Menurunkan berat badan Mengurangi berat badan 5 persen saja akan cukup berpengaruh pada tekanan darah Anda. Apalagi bila Anda berhasil menurunkan 10 persen dari berat badan Anda, ingin akan berdampak besar bagi penurunan tekanan darah dan risiko terkena penyakit kardiovaskular.
4. Kurangi asupan alkohol. Sebuah studi pernah mengungkapkan bahwa 53 persen orang yang mengonsumsi 7-13 gelas alkohol perminggj bisa terkena hipertensi ringan. Sedangkan orang yang mengonsumsi alkohol 14 gelas perminggu memiliki risiko 69 persen terkena hipertensi.
5. Berhenti merokok. Berhenti merokok efektif menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.
(wur)
Lihat Juga :