Penting Penuhi Zat Gizi Mikro Tiap Hari untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak

loading...
Penting Penuhi Zat Gizi Mikro Tiap Hari untuk Tumbuh Kembang dan Kesehatan Anak
Suasana konferensi pers peluncuran Nestle Ideal yang digelar secara virtual pada Rabu (16/9). Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Zat gizi mikro merupakan salah satu bagian penting dari konsumsi sehari-hari yang sering kali luput dari perhatian. Kurangnya konsumsi zat gizi mikro dapat menimbulkan defisiensi zat gizi mikro atau micronutrient deficiency (MND) yang bisa berakibat buruk terhadap tumbuh kembang anak dalam jangka panjang, baik secara fisik maupun mental.

"Bicara mengenai zat gizi mikro berarti sedikit butuhnya, tapi penting banget. Kalau sampai kurang, ada masalah sama tubuh, bisa fungsi organ tubuh kurang optimal. Vitamin serta mineral itu zat gizi mikro, sedikit sekali, tapi esensial dan penting. Bisa didapat dari mana saja, namun sering kelupaan terus," kata Pemerhati Kesehatan Lula Kamal dalam jumpa pers pada Rabu (16/9). (Baca Juga: Berbahan Alami dan Halal, Trulife by Tupperware Essential Oil Hadir Penuhi Kebutuhan Masyarakat)

Defisiensi zat gizi mikro dapat mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan yang mengkhawatirkan. Di mana kondisi ini rentan terjadi pada keluarga berpenghasilan terbatas akibat minimnya akses terhadap nutrisi.

"Waktu kurang, masalahnya bisa ke mana-mana. Paling bermasalah, 80% kurangnya kalsium ke arah tulang, gigi, dan gusi serta massa otot. Di sana padahal tabungan kita cuma sampai 30 tahun. Makanya saat usia tua banyak yang osteoporosis," jelas Lula.

"Zat besi penting untuk pegangan, bikin hemoglobin, bikin oksigen ke seluruh tubuh. Kalau anak kurang fokus dan konsentasi, di otak kurang oksigen dan anak kurang energi, berarti kurang zat besi 5%. Vitamin A, C, D, dan zink lagi naik daun berhubugan dengan daya tahan tubuh," sambungnya.



Memahami hal tersebut, Nestle berkomitmen untuk menjawab isu defisiensi zat gizi mikro secara global, terutama di negara berkembang. Di Indonesia sendiri, komitmen tersebut diwujudkan dengan diluncurkannya Nestle Ideal yang diciptakan secara khusus dengan formula nutristrong untuk membantu kecukupan zat gizi mikro.

"Kami ingin menggunakan potensi makanan untuk meningkatkan kualitas hidup generasi saat ini dan akan datang. Kami hadirkan Nestle Ideal produk yang disertivakasi vitamin A, D, C, kalsium, zat besi, dan zink. Semoga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup anak-anak Indonesia," ungkap Category Marketing Manager Nestle Indonesia Johanlie Aliffin.

Melalui peluncuran produk dengan inovasi terbaru ini, Nestle tidak hanya ingin membantu kecukupan zat gizi mikro dengan harga terjangkau, melainkan juga memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya ibu dari keluarga dengan penghasilan terbatas, mengenai pentingnya memenuhi kecukupan gizi mikro anak setiap hari.

"Kalau lihat konsumsi zat gizi mikro di Indonesia rendah, dengan konsumsi dua Nestle Ideal sehari dapat memenuhi kebutuhan zat gizi mikro harian anak Indonesia. Nestle Ideal untuk anak usia di atas tiga tahun sampai usia dewasa mau konsumsi nggak masalah," timpal Corporate Nutritionist Nestle Indonesia Eka Herdiana.

Di sisi lain, untuk mengedukasi masyarakat Indonesia akan pentingnya zat gizi mikro bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak, Nestle juga mengadakan Nutrisi Keliling Ideal. Di mana agen nutrisi ideal akan mengunjungi pelosok Indonesia untuk memberikan edukasi gizi mikro dan sudah dibekali dengan video perkenalan gizi mikro serta manfaat gizi mikro. (Baca Juga: Tips Merawat dan Mendampingi Orang dengan Demensia)



"120 agen nutrisi ideal di Jawa Barat dan Sumatera. Kita nggak buka untuk umum karena ada proses seleksi dan materi pelatihan dengan bahasa sederhana karena target ibu-ibu, biar pesannya tersampaikan," tutup Johanlie.
(tsa)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top