Rapper Swerte Tuangkan Keluh Kesah Lockdown Melalui Single Esso

loading...
Rapper Swerte Tuangkan Keluh Kesah Lockdown Melalui Single Esso
Swerte menuangkan segala keluh kesah selama menjalani lockdown dalam single yang berkolaborasi dengan rapper kenamaan Tanah Air, Saykoji. / Foto: ist
A+ A-
JAKARTA - Berada di rumah selama pandemi Covid-19 tidak menghentikan para seniman untuk berkarya. Ini sebagaimana yang dilakukan rapper keturuanan Indonesia-Swiss, Swerte. Selama di rumah, Swerte berhasil menelurkan sebuah single berjudul Esso.

(Baca juga: Berawal dari Penyanyi Gerobak Dorong, Nissa Rizky Kini Siap Wujudkan Mimpi)

Swerte pun menuangkan segala keluh kesah selama menjalani lockdowndalam single yang berkolaborasi dengan rapper kenamaan Tanah Air, Saykoji tersebut.

"Aku coba tuangkan keluh kesah pengalaman pribadi dan orang lain menjalani lockdown di tengah pandemi ini yang memberikan dampak bagi kehidupan manusia di belahan dunia manapun. Semoga lagu ini bisa memberikan semangat bagi semua yang dengarkan lagu ini menjalani aktivitas di tengah pandemi saat ini," ujar Swerte dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/9).

"Saya coba bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka alami selama lockdown dan beberapa kejadian yang sudah terjadi selama 2020. Protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu ini," tambahnya.



Selain Saykoji, Swerte juga mengajak Freek, hingga Drill Artist dari Arab untuk berkolaborasi memeriahkan single ini. Diproduseri Mjeezy, Esso tidak hanya dibawakan dalam satu bahasa, namun tiga bahasa yakni bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Arab. Walaupun berbeda-beda tetapi tetap menjadikan lagu Esso ini satu kesatuan yang luar biasa.

Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vokal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat lengkap dengan anthemic drill beat yang kuat membuat Esso adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut.

Sebelumnya, Swerte merupakan seorang rapper hadir dari Indonesia. Namun, karena kurang begitu berkembang di Tanah Air, Swerte pun hengkang ke Dubai untuk meniti karier. Dia memiliki grup hip-hop bernama The Recipe bersama Kaz Money, Perfect Storm, Hira Beat, DJ Flash dan Jabbar. Terbentuk pada 2008, The Recipe sudah mampu menjadi artis pendukung rapper-rapper Internasional.

Di Indonesia sendiri, Swerte sempat membuat grup bernama The Southsiderz danmenjadi opening act untuk show Dewi Sandra di akhir 1990-an. Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 mixtape dengan judul The Mini Mixtape Series sekaligus proyek bernama Raconteur yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show.

(Baca juga: NCT Berencana Rilis Album Terbaru Oktober Mendatang)



Setelah menghabiskan 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe yang juga sempat menjadi opening act Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee, dan banyak lainnya, Swerte kini siap kembali menggebrak dunia musik dengan single debutnya Esso.
(nug)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top